Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Borobudur-Prambanan-Boko Rancang Paket Wisata

Kompas.com - 21/01/2010, 18:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) mengundang mitra usaha untuk bekerja sama merancang paket wisata dan mendatangkan lebih banyak wisatawan ke destinasi wisata tersebut.

"Kami membuka travel dialog untuk memperbesar potensi kerja sama dengan mitra kerja khususnya di Jakarta," kata Sekretaris Dirjen Pengembangan Destinasi, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Winarno Sudjas, di Jakarta, Rabu (20/1/2010).

Pada kesempatan itu, pihaknya bekerja sama dengan PT TWC menggelar travel dialog yang dihadiri para pelaku dan pengguna jasa pariwisata dari travel agen, perusahaan perminyakan, kedutaan besar, hingga lembaga pendidikan.

Winarno mengatakan, saat ini tiga candi yakni Borobudur, Prambanan, dan Boko telah melakukan berbagai upaya pembenahan, penataan, dan revitalisasi sehingga semakin siap menerima kunjungan wisatawan baik dalam maupun luar negeri. "Telah banyak dilakukan upaya pembenahan di kawasan candi dan saat ini kesemuanya telah siap dikunjungi," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar pelaku pariwisata seperti travel agen atau biro perjalanan wisata mulai menyusun paket wisata ke kawasan candi.

Selain itu, pengguna jasa pariwisata seperti perusahaan besar, lembaga pendidikan, hingga kedutaan besar disarankan untuk tidak ragu menyusun perencanaan liburan ke Borobudur, Prambanan, dan Boko. "Ini memang merupakan bagian dari langkah strategis kami untuk meningkatkan kunjungan wisman dan wisnus," katanya.

Saat ini tidak hanya wisata budaya saja yang berkembang di kawasan itu, tetapi paket wisata lain juga telah ditawarkan di antaranya paket wisata agro (desa-desa sekitar candi), wisata spa, dan wisata golf.

Pengelola candi juga menyatakan telah menata lingkungan kawasan candi termasuk penataan pedagang kaki lima, pemandu wisata lokal, dan jaminan keamanan melancong. "Ke depan, taman wisata candi tampil dengan format baru bertema ’Million Looks One Location’," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com