Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas... Flu Burung Saat Musim Hujan

Kompas.com - 02/02/2010, 19:15 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Selama bulan Januari 2010 saja, di seluruh Jawa Barat terdapat 2.695 ayam buras dari 70 kasus positif flu burung mati. Kasus flu burung pada unggas terjadi di 10 wilayah, yakni Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Ciamis.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat Kusmayadi, Selasa (2/2/2010) di Bandung mengatakan, potensi flu burung pada unggas selama musim hujan memang lebih besar. Berdasarkan data, kasus flu burung selama Januari 2010 tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Dinas Peternakan Jabar mencatat, kasus flu burung pada unggas tahun 2007 sebanyak 67 kasus, 2008 sebanyak 53 kasus, dan 2009 sebanyak 21 kasus. "Kami mewaspadai lalu lintas unggas antardaerah. Selain itu, kami mencegah meluasnya penyebaran virus dengan langsung melokalisasi wilayah peternakan begitu muncul kasus unggas mati," ujarnya.

Pada 2009, di Jabar, terjadi 115 kasus positif flu burung yang menyerang 5.528 ayam buras. Kasus tersebar di 59 kecamatan dari 21 kabupaten/kota. Hanya Kabupaten Subang, Kota Cirebon, Bekasi, Sukabumi, dan Banjar yang tidak melaporkan adanya kasus flu burung pada unggas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com