Duh... Kemacetan Pindah ke Jalan Fachrudin

Kompas.com - 04/02/2010, 11:51 WIB
Editorhertanto

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemberlakuan sistem satu arah atau ASA di Jalan Fachrudin, Jalan Jatibaru, dan Jalan Terusan Cideng, Tanah Abang, Jakarta Pusat, menyebabkan penumpukan kendaraan berpindah ke penggal Jalan Fachrudin dari lampu merah Hotel Millenium hingga Wisma Jayanti, Kamis (4/2/2010).

Pantauan Kompas.com, sejak pagi hingga menjelang siang, ruas Jalan Fachrudin dipadati kendaraan dari arah Kebon Sirih, Abdul Muis, dan dari Jatibaru yang hendak menuju Tanah Abang. Selama sekitar lima menit, tak terjadi pergerakan kendaraan yang berarti di ruas jalan tersebut.

Tampaknya tumpukan kendaraan yang semula terjadi di lampu merah Jembatan Jatibaru berpindah ke Jalan Fachrudin. Di kolong Jembatan Jatibaru, arus lalu lintas terlihat ramai lancar.

Menanggapi kemacetan yang berpindah ke ruas Jalan Fachrudin tersebut, Kepala Bidang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan M Akbar mengatakan, kemacetan yang terjadi di Jalan Fachrudin wajar terjadi pada hari pertama pemberlakuan ASA itu.

"Orang masih ragu-ragu, mengurangi kecepatan, jadi sedikit terhambat," ujar Akbar saat ditemui di lampu merah Millenium, Jalan Fachrudin, Kamis pagi.

Dia mengatakan, kemungkinan seminggu ke depan pengendara sudah paham akan perubahan sistem arus lalu lintas yang diberlakukan demi mengurangi kepadatan kendaraan di Jembatan Jatibaru itu. Jadi, kita lihat saja minggu depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.