Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Parkir Kembali Normal

Kompas.com - 05/02/2010, 17:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tarif parkir di beberapa tempat perbelanjaan dan gedung perkantoran telah kembali normal. Saat ditemui di kantornya, Corporate Affairs Secure Parking Toni Tjuatja mengakui, pihaknya mengembalikan tarif parkir seperti sebelumnya.

"Ya mulai hari ini sudah kembali normal," tuturnya, kepada Kompas.com, saat ditemui di kantornya, Mangga Dua, Jakarta, Jumat (5/2/2010).

Sebelumnya, banyak gedung atau mal yang menerapkan tarif parkir mahal per 2 jam Rp 4.000 dan 2 jam selanjutnya Rp 4.000. Jadi, jika parkir hanya di bawah 1 jam pun, tarif tetap dikenakan untuk 2 jam yaitu Rp 4.000. Jika parkir 2 jam 1 menit pun, akan dikenakan ongkos Rp 8.000. Bahkan, di Mal Cibubur Junction memberlakukan tarif parkir per setengah jam sebesar Rp 2.000.

Ini jelas bertentangan dengan ketentuan Pergub 48 Tahun 2004 tentang Retribusi dan Parkir yang mematok tarif parkir mobil sebesar Rp 2.000 per jam pertama dan jam berikutnya Rp 1.000. Adapun untuk sepeda motor dipatok Rp 750.

Saat dikonfirmasi hal ini, Toni membantah pihaknya memberlakukan tarif mahal. "Kami tidak memberlakukan tarif mahal. Tarifnya itu tetap lho. Hanya memang dimodifikasi ditariknya dihitung per 2 jam," kata Toni. Menurutnya, tarif ini mulai berlaku sejak awal Februari lalu.

Pantauan Kompas.com, di beberapa tempat tarif memang telah kembali normal, seperti di Wisma Nusantara yang memungut ongkos parkir Rp 2.000 per 1 jam pertama untuk sepeda motor dan Rp 3.000 untuk mobil. Di pusat perbelanjaan Sarinah dipungut Rp 1.000 per 1 jam pertama untuk sepeda motor dan Rp 2.000 untuk mobil. Demikian juga di Plaza Semanggi, Pusat Perbelanjaan Roxy, Mangga Dua, Atrium Senen, dan Pejaten Village yang telah berjalan normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com