Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Kampus Khusus Pecandu Narkoba

Kompas.com - 10/02/2010, 08:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna membantu mengurangi ketergantungan pencandu terhadap narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) menyediakan sebuah kampus khusus. Kampus itu diberi nama Kampus Unit Terapi dan Rehabilitasi (Unitra) BNN di Desa Wates Jaya, Lido, Bogor, Jawa Barat.

Para pecandu narkoba di Indonesia bisa mendapatkan pengobatan secara gratis di tempat ini. Kepala Bagian Humas BNN, Sumirat Dwiyanto menjelaskan, Kampus Unitra BNN telah beroperasi sejak tahun 2006. Kampus itu berada di lahan seluas 12 hektar dengan daya tampung 500 orang.

"Saat ini jumlah mahasiswa atau pecandu narkoba yang kami tangani 300 orang. Mereka berasal dari seluruh Indonesia," ujar Sumirat kepada wartawan di sela-sela acara Pertemuan Jurnalis Pemerhati Narkotika di Cafe Musro, Hotel Borobudur, Sawahbesar, Jakarta Pusat, Selasa (9/2/2010).

Menurut Sumirat, pihaknya tidak memungut biaya apa pun kepada para pecandu narkoba yang sedang dikarantina di sana. Siapa pun bisa menjadi mahasiswa di kampus itu dengan persyaratan yang mudah dan tidak berbelit-belit.

"Yang mau menjadi mahasiswa tinggal melengkapi persyaratan, seperti surat persetujuan orangtua, tidak memiliki penyakit kejiawaan, dan pecandu," kata Sumirat.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi call center BNN di nomor (021)80880011 atau 081221675675. Atau bisa langsung ke kantor BNN di Jalan MT Haryono No 11, Cawang, Jakarta Timur. (Sigit Nugroho)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com