Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susahnya Menghias Cupcake

Kompas.com - 11/02/2010, 18:02 WIB

KOMPAS.com - Salah satu penganan yang disediakan untuk merayakan keberhasilan atau kasih sayang adalah adalah cokelat, taart, ataupun cupcake. Khususnya cupcake, yang mulai populer beberapa tahun belakangan ini, terasa lebih istimewa karena penampilannya yang lebih bisa dimodifikasi sesuai keinginan.

Karena bentuknya yang mungil, manis, dan menggugah selera, banyak perempuan yang ingin belajar membuatnya. Tak terkecuali Kompas Female. Karena itu, ketika Orange Blossom mengundang Kompas Female untuk belajar menghias cupcake, kami pun langsung merasa tertantang. Siapa takut?

Acara menghias cupcake ini merupakan salah satu agenda acara komunitas perempuan di Kelapa Gading ini untuk merayakan hari Valentine. Acara bertajuk "Cooking With Love" yang dihelat di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Kamis (11/2/2010) itu dihadiri para anggota yang rata-rata merupakan ibu rumah tangga, pekerja kantoran, dan pengusaha.

Menurut Anne Marie, ketua Orange Blossom, tujuan mereka mengadakan acara ini adalah untuk memberdayakan perempuan, dan agar senantiasa update dengan hidupnya. "Daripada menghabiskan waktu hanya dengan rutinitas monoton, lebih baik luangkan waktu untuk ikut kegiatan bermanfaat,'' tuturnya.

Food stylist yang juga praktisi kuliner, Yeni Ismayani, memandu acara hari itu. Perempuan yang sudah menerbitkan buku resep cupcake ini menyebutkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu cetakan cupcake (atau cetakan bolu), i-cing (krim penghias) atau butter cream, meses, butiran gula-gula kecil berwarna-warni, permen berbentuk hati, selai strawberry, dan cokelat pink.

Penasaran dengan para perempuan lain yang begitu bersemangat menghias cupcake-nya, Kompas Female pun mengerahkan segala upaya untuk menguasai cupcake yang saat itu baru berupa kue bolu polos.

''Cupcake itu harus terlihat menarik, dan hiasannya bisa menggoda orang untuk mencicipi,'' pesan Yeni.

Setelah bahan-bahan disiapkan, yang harus dilakukan adalah menyiapkan plastik segitiga (piping bag) yang diisi dengan butter cream. Anda bisa memilih butter cream warna apa saja. Namun karena kali ini temanya Valentine, oke lah, kami memilih warna putih dan merah jambu.

Kemudian kami memasang spuit (besi kecil berbentuk kerucut) di ujung plastik segitiga untuk mulai membentuk butter cream. Menghias cupcake, menurut Yeni, intinya harus menutupi seluruh permukaan cupcake dengan butter cream tersebut.

''Ada teknik khusus untuk membuat hiasan cupcake yang baik. Yakni membuat tekanan atau lekukan yang pas, tidak terlalu kuat atau terlalu lemah. Kalau tidak, maka hasilnya akan putus-putus dan tidak rapih,'' jelas Yeni.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com