Edan, Pertumbuhan Sepeda Motor di DKI 890 Unit Per Hari

Kompas.com - 18/02/2010, 09:20 WIB
Editorhertanto

JAKARTA, KOMPAS.com — Tingginya penggunaan kendaraan bermotor menjadi pemicu utama problem kemacetan di Jakarta.

Hingga saat ini tercatat jumlah kendaraan bermotor mencapai 6,5 juta unit, 6,4 juta unit atau 98,6 persen merupakan kendaraan pribadi dan 88.477 unit atau sekitar 1,4 persen adalah angkutan umum yang mewarnai lalu lintas jalan di Ibu Kota.

Tidak hanya itu, dalam lima tahun terakhir ini pertumbuhan kendaraan di DKI juga terbilang sangat tinggi karena setiap tahun bisa mencapai angka 10 persen.

Untuk kendaraan roda empat (mobil) tingkat pertumbuhan setiap harinya mencapai 240 unit, sedangkan untuk pertumbuhan sepeda motor per harinya mencapai 890 unit per hari.

"Salah satu pemicu permasalahan transportasi, khususnya kemacetan di DKI, adalah tingginya pertumbuhan jumlah kendaraan," ujar Muhammad Tauhid, Kepala Dinas Perhubungan DKI, saat rapat kerja dengan Komisi B DPRD DKI, Rabu (17/2/2010).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.