Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balada Bachtiar: Agum Gumelar Ikut Mengurus Gia (2)

Kompas.com - 23/02/2010, 16:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah berpisah dengan Mimih Nunung (35) tiga tahun lalu, Bachtiar Angkotasan (47) harus berjuang sendirian menghidupi dua anak tercintanya. Sampai akhirnya publik mengetahui kondisi memprihatinkan kehidupan Bachtiar, Minggu (21/2/2010), dan bantuan pun mengalir.

Bachtiar menghidupi Agum Gumelar Santoso (8) dan Gia Wahyuningsih (5) dengan menjual suara dari bus ke bus setiap harinya.

Sebelum berangkat mengamen dari kontrakannya di Kampung Jati, Kelurahan Jati Mulya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, pukul 05.00, dia terlebih dulu mengurusi kedua anaknya.

"Saya mandiin Gia dulu, kasih makan dia sama Agum, baru saya berangkat," ucap Bachtiar ketika ditemui Kompas.com di RSUD Kabupaten Cibitung, Selasa (23/2/2010).

Kondisi Gia, yang sering berontak dan kabur dari rumah akibat mengidap epilepsi, membuat Bachtiar terpaksa mengikat Gia di dalam rumah. Dia memasung Gia selama berkerja. Agum yang saat ini duduk di kelas 1 SDN Jati Mulya 06, Tambun Selatan, ikut membantu ayahnya mengurus Gia.

Jika sekolah, Agum selalu kembali ke rumah yang berjarak hanya 100 meter jika sedang istrahat. Dia memantau serta memberi makan adiknya, menggantikan peran ayahnya untuk sementara.

"Aku jaga Gia di sini (rumah sakit) sampai sembuh. Nanti enggak ada yang kasih makan," ucap dia lugu.

Setelah mengurusi dua anaknya, Bachtiar keluar rumah. Dia biasa bernyayi diiringi alat musik ukulele di tiga bus, yaitu Patas 9A jurusan Bekasi Timur-Senen, Patas 9BC jurusan Bekasi Timur-Cililitan, dan Patas 9B jurusan Bekasi Timur-Kampung Rambutan.

Bersambung...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com