Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku Berkualitas Harga Miring, Ya di KG Fair...

Kompas.com - 26/02/2010, 19:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompas Gramedia Fair yang di gelar di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, mulai 24-28 Februari 2010, rupanya menjadi surga dunia bagi para pencinta buku di Jakarta.

Kemeriahan KG Fair diwarnai dengan kehadiran ribuan pengunjung yang sebagian besar memang berniat mencari buku-buku berkualitas dengan penawaran harga khusus alias lebih "miring". Siapa tak tergoda dengan penawaran diskon hingga 40 persen pada sejumlah buku dan produk media yang dihadirkan di KG Fair.

Sejak digelar pada 24 Februari lalu, Melvi, Sekretaris KG Fair mengatakan sudah ribuan pengunjung datang ke KG Fair. Tanpa dipungut biaya, warga bisa menikmati beragam acara dan kegiatan menarik yang di gelar Kelompok Kompas Gramedia ini. "Mulai dari talkshow, workshop, lomba, sampai pameran, bisa dinikmati pengunjung. Tapi terutama juga penawaran buku-buku dari Kelompok Penerbit Buku Kompas Gramedia," tuturnya.

Ana (36), misalnya, ibu rumah tangga ini jauh-jauh datang dari Bekasi bersama suami dan seorang anaknya untuk berburu buku-buku berkualitas. Ana sekeluarga mengaku merupakan keluarga yang gemar pembaca. "Saya sama suami memang suka membaca. Suami saya insinyur, dia memang niat cari buku-buku teknik bangunan buat kerjaannya dia," kata Ana.

Baru sekitar 30 menit berkeliling, Ana sudah memborong tiga buah buku. "Ini baru buat anak saya. Belinya komik, soalnya dia baru senang-senangnya baca komik," tuturnya.

Menurut Ana, ajang KG Fair memang sudah dikenal sebagai tempat mencari buku berkualitas dengan harga yang lebih murah dari biasanya. Pada penyelenggaraan KG Fair tahun lalu, Ana juga mengaku datang dan memborong berbagai buku. "Karena lebih murah itu ya, jadi memang sengaja datang kesini," ujar Ana yang mengatakan tahu penyelenggaraan KG Fair ini setelah membaca di Kompas.com.

Pendapat serupa namun tak sama diungkapkan Dominic (16). Siswa salah satu SMA di Jakarta ini awalnya tak terlalu berniat mencari buku. Ia mengatakan hanya memberi dukungan pada teman sekolahnya yang mengikuti lomba daur ulang yang diselenggarakan Kompas Muda di KG Fair.

Namun, setelah melihat aneka penawaran buku-buku menarik dari berbagai stan, ia pun tergoda untuk ikut berbelanja buku. "Ini beli teenlit. Suka aja sama buku-buku ini," ujarnya polos.

Ditanya pendapatnya soal penyelenggaraan KG Fair, Dominic mengatakan penyelenggarakan KG Fair sudah cukup bagus karena ikut melibatkan kaum muda seperti dirinya. "Soalnya anak muda kan juga bisa ikutan di sini. Jadi kreatif gitu," tuturnya.

Sementara, pendapat Ana agak berbeda. Menurutnya, penyelenggaraan KG Fair ini agak kurang meriah jika dibandingkan dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya. "Agak lebih sepi aja yah. Mungkin promosinya kurang. Atau juga karena libur panjang, jadi banyakan orang pada keluar kota," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com