Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda PCX Dibanderol Rp 30 Jutaan

Kompas.com - 02/03/2010, 08:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Astra Honda Motor (AHM) masih belum mau memberi tahu kapan peluncuran produk terbaru mereka, skutik PCX. Namun, salah seorang direksi produsen Honda motor itu membocorkan bahwa harga jual skutik premium yang diimpor dari Thailand secara CBU ini akan di atas Rp 30 juta per unit.

Harga tersebut disampaikan oleh Direktur Pemasaran AHM Julius Aslan seusai jumpa pers rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) Astra, Senin (1/3/2010). Menurutnya, Kehadiran PCX akan menjadi kunci utama dalam menopang citra merek Honda di mata konsumen Indonesia.

"Menang kami membidik segmen berbeda, premium. Harganya tak mungkin di bawah Rp 30 juta, tapi tak akan mencapai harga yang dijual IU (importir umum), Rp 38 juta per unit," ungkap Julius. Ia menambahkan, segmen skutik akan menjadi salah satu kunci sukses Honda dalam mempertahankan posisi pimpinan penjualan di pasar motor nasional.

Tahun ini, merek berlambang sayap mengepak itu menargetkan pangsa pasar hingga 50 persen di segmen skutik dari prediksi pasar yang mencapai 2,8 juta unit. "Angka penjualan PCX memang bukan tujuan utama kami, tapi lebih ke membentuk image. Kalau bisa terjual 100 unit per bulan saja, itu sudah bagus," papar Julius.

Di sisi lain, sebanyak 38 klub dan komunitas pengendara skutik BeAT mendeklarasikan terbentuknya Republik BeAT, Sabtu (27/2/2010) di kawasan Parkir Timur, Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan. Paguyuban dibentuk sebagai wadah komunikasi dan koordinasi semua klub & komunitas BeAT yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada hari itu berbagai kegiatan dilaksanakan, mulai dari kunjungan perwakilan Komunitas Honda BeAT ke pabrik skutik Honda di Cikarang dan Safety Riding: BeAT Riding Challenge, kontes dan display modifikasi, games, bazar komunitas, penjualan unit dan suku cadang, entertainment, pertunjukan aksi sejumlah komunitas, hingga pembagian doorprize.

Istiyani Susriyati, Kepala Divisi Honda Customer Care Center (HC3) PT AHM mengatakan, sudah menjadi kewajiban bahwa perusahaan memberikan apresiasi terhadap konsumen, termasuk mereka yang menyatukan diri dalam sebuah komunitas atau klub pencinta motor. "Berkumpulnya para BeATkers hari ini menunjukkan adanya loyalitas yang tinggi dari masyarakat," ujar Istiyani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com