Hore... Kuda Nil Taman Safari Melahirkan

Kompas.com - 16/03/2010, 16:53 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Seekora kuda nil (Hippopotamus amphibious) bernama Sarah (11) melahirkan seekor anak betina pada 26 Februari 2010 lalu di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor.

"Kami baru mengabarkannya sekarang sebab Sarah sangat melindungi anaknya dari pengamatan orang. Sulit sekali melihat sang anak apalagi mendekatinya," kata Yulius H Suprihardo, dari TSI, Selasa (16/3/2010).  

 

Pejantah Sarah bernama Jana berusia 16 tahun. Berat anak Sarah dan Jana yang belum diberi nama itu sekitar 20 kilogram. Berat Saran dan Jana masing-masing sekitar 2.000 kg. Sarah melahirkan di dalam air secara normal pada malam hari.

"Ini anak kuda nil kelima yang lahir di TSI Bogor yang saya tangani," kata Sabaryanto, yang sehari-hari merawat kuda nil koleksi TSI sejak 10 tahun lalu.  

 

Sarah langsung mengajari anaknya berenang dengan cara didorong-dorong dengan menggunakan moncongnya. Sekang sang anak sudah pandai berenang bahkan menyelam, walaupun tidak pernah jauh dari ibunya.

"Saya belum dapat mendekari keduanya. Namun, kondisi anaknya terlihat sangat sehat. Sekali-kali dia menyelam lalu kepalanya menyembul dan mulutnya terbuka untuk menghirup udara," katanya.  

 

Dengan lahirnya anak Sarah itu, koleksi kuda nil Taman Safari Indonesia Bogor yang berada di lokasi wisata biasa menjadi 11 ekor, tediri dari enam jantan dan lima betina. Kuda nil juga ada di lokasi wisata Afrika sebanyak tujuh ekor.  

 

Kuda nil berasal dari Afrika dan hidup di habitat desert. Kuda nil dewasa beratnya rata-rata 2.000 kilogram dan memiliki kuping kecil yang dapat digerakan seperti kipas.

 


Editorwah

Close Ads X