Nikmatnya Ayam Bakar Bumbu Kacang Mat Jukir

Kompas.com - 18/03/2010, 10:02 WIB
Editorhertanto

JAKARTA, KOMPAS.com — Kawasan pesisir Jakarta ternyata tak selalu identik dengan makanan lautnya atau seafood. Buktinya, di warung makan Mat Jukir, di Jalan Raya Marunda Makmur, Cilincing, Jakarta Utara, sangat terkenal dengan ayam bakarnya.

Selain enak rasanya, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dengan isi kantong. Rumah makan ini memang khusus menyajikan ayam bakar.

Ada alasan tersendiri bagi Ahmad Jukir (42), sang pemilik rumah makan ini, mengapa tidak menawarkan menu ikan laut atau udang galah sebagai menu utama di warung miliknya yang berada di pesisir laut utara itu. Sekadar menghindari persaingan bisnis, menu ayam bakar dipilih Jukir sebagai menu andalannya.

"Kalau ikan atau makanan laut sudah banyak. Kami cari yang beda," kata Jukir, Rabu (10/3/2010).

Menu ayam bakar bumbu kacang di warung Mat Jukir memang akrab di hati para pelanggannya. Selain rasanya yang lezat dan enak, cara penyajiannya pun terbilang unik. Sebelum dibakar, ayam tersebut dilumuri bumbu kacang hingga menutupi seluruh dagingnya. Seusai dibakar, dagingnya dilumuri bumbu kacang dan kecap pada bagian atasnya.

Selanjutnya, satu tomat dan mentimun diiris tipis-tipis sebagai penghias menu sajian. "Dalam penyajiannya kami juga menyediakan pilihan sambal goreng, selain sambal bumbu kacang yang sudah ada," kata Jukir.

Tak hanya pada penampilannya yang unik, ayam bakar ini juga memiliki cita rasa yang tinggi. Perpaduan kecap dan bumbu kacang pada ayam bakar memberikan rasa manis dan gurih, rasa pedas pun akan terasa jika sambal goreng dicampur pada bumbu tersebut. Pemanggangan yang dilakukan secara merata membuat daging ayamnya terasa lebih empuk saat dikunyah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jukir mengaku, ide pembuatan menu masakan ayam bakar bumbu kacang diilhami dari menu masakan khas asal Madura, yakni sate. Saat itu Jukir berpikir bagaimana rasanya jika sate dibakar atau dipanggang secara utuh tanpa dipotong kecil-kecil. Dari sinilah Jukir mulai melakukan percobaannya membuat menu masakan ayam bakar dengan menggunakan bumbu kacang.

Maka, sekitar lima tahun lalu, Jukir resmi menetapkan menu masakan ayam bakar bumbu kacang sebagai menu utama di warung Mat Jukir, miliknya. Untuk satu porsi ayam bakar bumbu kacang masakannya, dia hanya menjualnya seharga Rp 9.000. Dalam menu ini, Jukir juga memberikan tambahan emping agar terasa lebih sedap dan kaya rasa.

Selain ayam bakar bumbu kacang, warung Mat Jukir juga ternyata menyediakan menu lain. Seperti ayam goreng dengan harga Rp 8.000 per porsi, cumi sotong goreng Rp 9.000, ikan gurame bakar atau goreng Rp 11.000.

"Dari sekian menu yang tersedia, ayam bakar bumbu kacang menjadi menu makanan yang banyak dipesan pelanggan," ungkap Jukir.

Penasaran? Coba saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.