Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKT Bisa Lebih Bermanfaat, asal Manajemennya Baik

Kompas.com - 21/03/2010, 16:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Area Kanal Banjir Timur atau yang lebih sering disebut BKT tampaknya justru bakal menjadi kawasan yang menyenangkan bagi masyarakat, terutama yang berada di wilayah Jakarta Timur, setelah proses pembangunannya selesai secara keseluruhan. Pasalnya, di area tersebut ternyata tidak hanya akan ada kanal sepanjang 23 km yang tembus hingga ke laut Jawa.

Rencananya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga akan membangun taman dan jalur inspeksi sepeda di sekeliling area BKT. Menanggapi rencana Pemprov DKI tersebut, Direktur Eksekutif Walhi Jakarta Ubaidillah mengungkapkan bahwa rencana pemerintah tersebut baik, tetapi perlu diikuti dengan manajemen dan pengontrolan yang baik pula dalam proses realisasinya.

"Selama ini, melihat yang sudah ada, biasanya kalau proyek-proyek sudah jadi, manajemen dan pengontrolannya itu tidak berjalan dengan baik, akhirnya proyek gagal dan tidak berkelanjutan, seperti BKB (Banjir Kanal Barat) itu. Tapi, kalau dibarengi dengan manajemen dan pengontrolan yang baik, saya kira BKT bisa memberi banyak manfaat bagi masyarakat Jakarta," paparnya saat ditemui di Kantor LBH Jakarta, Minggu (21/3/2010).

Menurutnya, apabila dijalankan dengan manajemen dan pengontrolan yang baik, BKT tak hanya dapat menjadi solusi menangani banjir yang kerap kali melanda Jakarta. BKT dapat pula bermanfaat sebagai sumber air baku bagi warga Jakarta yang bisa dikelola dan dimanfaatkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan dapat pula dimanfaatkan sebagai jalur sarana transportasi air yang efektif. Satu lagi yang tak kalah penting, dengan adanya taman dan jalur inspeksi sepeda di area sekelilingnya, BKT dapat pula dimanfaatkan sebagai kawasan wisata murah meriah bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com