Mengapa Sushi Penting untuk Diet?

Kompas.com - 25/03/2010, 20:18 WIB
Editordin

KOMPAS.com — Berterima kasihlah kepada para peneliti karena mereka selalu bisa menemukan hal baik (dan buruk tentunya) pada makanan atau kebiasaan yang kita lakukan. Hal itu tak terkecuali pada sushi.

Di Amerika, sushi kerap "dituduh" sebagai makanan dengan tingkat merkuri yang tinggi. The New York Times pernah mengadakan tes laboratorium yang menemukan ada begitu banyak kadar merkuri dalam tuna di 20 restoran dan toko di kawasan Manhattan, New York City. Oleh karena itu, sushi tuna dianggap sebagai jenis sushi yang mengandung kadar merkuri tertinggi. Ada pula pria di Chicago yang menuntut sebuah sushi bar karena ia mengeluarkan cacing pita sepanjang 2,7 meter setelah memakan salmon mentah.

Namun, kekhawatiran ini masih diperdebatkan. Banyak dugaan bahwa problem tersebut muncul bila ikan yang digunakan pada sushi tidak dimasak. Adapun sushi dengan ikan yang telah melalui proses masak justru bernilai gizi baik, rendah kalori, dan rendah lemak. Sushi salmon mengandung vitamin D, dan bahan ketan pada sushi memberikan karbohidrat yang baik untuk tenaga.

Makanan Jepang ini juga populer sebagai makanan penurun berat badan. Elemen yang memberikan manfaat tersebut adalah nori, rumput laut kering yang digunakan untuk membungkus sushi. Para peneliti Inggris mengatakan bahwa nori berpotensi mengurangi retensi lemak tubuh hingga 75 persen.

Yang lebih menarik dari penemuan tersebut, "Jika kita bisa menambahkan serat alami pada makanan yang umumnya kita makan setiap hari, seperti roti, biskuit, dan yoghurt, hampir 3/4 dari lemak yang terdapat pada makanan tersebut bisa lenyap dari tubuh kita," ujar Dr Iain Brownlee, peneliti dari University of Newscastle.

Namun, Anda perlu sedikit hati-hati dengan snack berupa lembaran nori kering yang biasa kita temukan di supermarket. Camilan ini biasanya sudah diberi bumbu sehingga rasanya gurih. Meskipun bentuknya tipis, Anda tak akan sadar sudah menghabiskan sekian kalori.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.