Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gereja Katedral Berbenah Sambut Pekan Suci

Kompas.com - 01/04/2010, 13:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Aktivitas umat Katolik Gereja Katedral mulai terlihat menandai dimulainya perayaan tiga hari suci bagi umat Katolik di seluruh dunia, atau yang lebih dikenal sebagai Pekan Suci.

Pekan Suci merupakan rentetan hari-hari peringatan yang menjadi rangkaian misteri wafat dan kebangkitan Yesus Kristus yang diimani oleh umat Katolik. Perayaan Pekan Suci akan diawali dengan Kamis Putih pada hari ini, Jumat Agung, Malam Paskah, dan berakhir pada Minggu Paskah.

Di Gereja Katedral, Kamis (1/4/2010), kesibukan umat sudah mulai tampak. Panitia Pekan Suci di gereja bernama Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga ini pada tahun ini akan dijabat dari Wilayah Santo Antonius Padua. "Ya hanya persiapan-persiapan biasa saja. Seperti perayaan sebelum-sebelumnya," kata Leo, salah seorang Humas Panitia Pekan Suci.

Pengamatan Kompas.com, khusus untuk Misa Ekaristi Kamis Putih ini, interior Gereja Katedral tampak sedikit dihiasi dengan dekorasi bernuansa putih. Sementara di pelataran gereja juga sudah terpasang sejumlah tenda-tenda tambahan untuk tempat umat yang tidak tertampung di dalam gereja saat misa sore nanti.

Setelah perayaan Kamis Putih ini, keesokan harinya akan dilangsungkan peringatan wafatnya Yesus Kristus atau lebih dikenal sebagai Jumat Agung. Pada hari Sabtu akan dilakukan Misa yang merupakan malam tirakatan sebelum kebangkitan Yesus Kristus atau Misa Malam Paskah.

Bagi umat Katolik, Misa Malam Paskah menandai telah dimulainya perayaan Paskah. Puncaknya, sekaligus mengakhiri perayaan Pekan Suci, akan terjadi pada hari Minggu yang disebut Minggu Paskah, atau hari ketika Yesus Kristus seperti yang diimani oleh umat Kristiani telah bangkit dari kematiannya.

Berikut adalah jadwal perayaan Pekan Suci di Gereja Katedral Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga:

Kamis Putih:
Pukul 16.00, 18.00, 20.00 dilanjutkan Tuguran pada pukul 22.00, 23.00

Jumat Agung:
Dimulai dengan Jalan Salib pada pukul 08.00, 10.00
Kemudian dilanjutkan dengan Upacara Penghormatan Salib pukul 12.00, 15.00, 18.00.

Malam Paskah:
Pukul 17.00, 20.00, 22.30

Minggu Paskah:
Pukul 06.00, 07.30, 09.00, 11.00, 18.00

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com