Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Pemadaman, Saatnya Mendinginkan Gedung

Kompas.com - 02/04/2010, 19:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun api telah padam setelah sembilan jam dijinakkan, petugas pemadam kebakaran masih menyemprotkan air untuk mendinginkan gedung Ramayana, Pasar Kebayoran lama, Jakarta Selatan yang terbakar sejak 07.30, Jumat (2/4/2010). Entah apa yang menjadi penyebab kebakaran, gedung Ramayana lantai tiga, dua, dan satu dilalap si jago merah.

Pihak kepolisian mengatakan, api berasal dari gudang di lantai tiga gedung Ramayana. Kemudian api menjalar ke bawah hingga akhirnya menghanguskan sekitar 500 kios dari 1018 kios yang ada di gedung Ramayana milik Perusahaan Daerah Pasar Jaya tersebut.

Sementara itu, warga sekitar menjadikan momen kebakaran sebagai tontonan. Hingga berita ini diturunkan, terlihat sebagian warga masih berkumpul di sekitar lokasi kebakaran. Ada juga yang sengaja datang dengan menggunakan sepeda motor untuk sedikit mengintip gedung yang sempat terbakar.

Di samping itu, arus lalu lintas yang menuju pasar Kebayoran Lama hingga berita ini diturunkan masih ditutup. Terlihat petugas keamanan menghalau tiap kendaraan yang mencoba melintasi ruas jalan di depan gedung Ramayana.

Pantauan Kompas.com, hampir sebagian besar bangunan terlihat hitam terbakar dan rusak. Puing-puing besi, kaca, dan sisa materi bangunan lainnya mulai dibersihkan. Untungnya, lantai dasar bangunan yang didominasi toko perhiasan tersebut tidak terjamah si jago merah. Namun, tidak menutup kemungkinan, toko-toko perhiasan di lantai dasar tersebut menjadi korban tangan usil penjarah.

Untuk itulah, ratusan petugas pengamanan dari kepolisian TNI, Satpol PP, PD Pasar Jaya, dan warga mengamankan lokasi kebakaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com