Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrokan Reda, Massa Kunjungi Makam Mbah Priok

Kompas.com - 14/04/2010, 20:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bentrokan yang terjadi di makam Mbah Priok, Koja, Jakarta Utara, sejak siang tadi perlahan-lahan mulai surut. Massa tidak lagi terlibat kericuhan, tetapi puluhan di antaranya masih melakukan aksi bakar-bakaran dan memereteli onderdil kendaraan yang sudah rusak.

Pengamatan Kompas.com, ratusan orang terus berdatangan ke sekitar lokasi makam Mbah Priok tempat awal terjadinya bentrokan. Selain massa yang melakukan aksi bakar bakaran itu, sebagian besar massa massa lainnya kemudian masuk ke areal makam Mbah Priok atau juga dikenal dengan Gubah Al Hadad.

Massa terdiri dari ratusan orang yang kebanyakan mengenakan kopiah dan bersarung itu kemudian masuk ke areal makam yang pada siang tadi sempat dikuasai aparat. "Ya mau ziarah. Menjaga makam ini dari serangan," kata salah seorang warga yang mengunjungi makam

Massa ini kemudian saling berkoordinasi satu sama lain untuk menggelar doa di areal makam berusia sekitar 300 tahun ini.

Seperti diberitakan, aparat Satpol PP sempat menguasai areal makam. Namun, setelah massa bertambah banyak dan beringas, Satpol PP pun terpukul mundur. Dikabarkan dua orang tewas dalam kejadian tersebut, sedangkan puluhan lainnya luka berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com