Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMI Luncurkan Buku Panduan "Safety Riding"

Kompas.com - 17/04/2010, 14:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagai upaya penurunan tingkat kecelakaan di jalan raya, Ikatan Motor Indonesia (IMI) meluncurkan buku Panduan Safety Riding dan Safety Driving di JI Expo Kemayoran, Sabtu (17/4/2010). Ketua Umum Pengurus Pusat IMI Juliari "Ari" P Batubara mengatakan, peluncuran buku ini merupakan serangkaian kegiatan edukatif yang bertujuan menciptakan perilaku serta mengajarkan teknik-teknik berkendaraan.

"Diharapkan ini bisa menjadi pedoman bagi masyarakat luas dan pengguna kendaraan agar dapat berkendara dengan aman. Kita targetnya zero accident," ujar Ari di sela-sela peluncuran buku.

Buku setebal 95 halaman ini berisi tentang metode dan tata cara pelatihan dasar safety riding dan safety driving bagi pengguna sepeda motor dan mobil secara komplet.

Ketua Bidang Wisata IMI Otte Ruchiyat menjelaskan, buku ini juga untuk menumbuhkan budaya baru berkendara yang mengedepankan penghargaan atas nyawa manusia. "Pemahaman dan pengetahuan mengenai etika dan perilaku berkendara secara selamat dan aman menjadi sebuah fondasi utama character building bagi para pengendara bermotor yang bertanggung jawab," papar Otto.

Industri otomotif Indonesia mengalami perkembangan pesat dalam 10 tahun terakhir. Pada kurun waktu 1996-2010 diperkirakan jumlah sepeda motor di Indonesia mencapai 50 juta. Sementara jumlah mobil nantinya pada kurun waktu 1997-2014 akan menembus angka 10 juta unit. (ANI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com