Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Wisatawan Australia Meningkat

Kompas.com - 21/04/2010, 01:30 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan asal Australia ke Indonesia pada 2009 menunjukkan peningkatan sekitar 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Bill Farmer, Selasa (20/4/2010) menyebutkan, berdasarkan catatan Biro Statistik Australia, jumlah warga Australia yang berwisata ke Indonesia pada 2009 mencapai 548.500 orang.

Angka itu meningkat sekitar 15 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sementara itu, jumlah warga negara Indonesia yang berkunjung ke Australia tahun lalu juga mengalami peningkatan.

Berdasarkan data dari Biro Statistik Australia, jumlah warga negara Indonesia yang berkunjung ke negeri kanguru itu mencapai 108.750 orang.

"Meningkatnya jumlah kunjungan warga Australia dan warga Indonesia menjadi bukti hubungan antarwarga yang kukuh dan pastilah berperan penting dalam peningkatan pengetahuan dan minat antarkedua negara," kata Farmer.

Peningkatan pengunjung Indonesia ke Australia disebabkan beberapa faktor, termasuk pertumbuhan positif ekonomi Indonesia dan hubungan baik antarkedua negara.

"Sebagai tetangga dekat, Australia memberi pengalaman budaya yang berbeda dan majemuk. Ini yang membuat objek wisata di kedua negara menarik dan memikat untuk dikunjungi," katanya.

Sebelumnya, penyelenggara perjalanan wisata asal Australia menggelar promosi wisata di Jakarta dan Surabaya pada 16-19 April 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com