Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Nasi Uduk Mpok Pule yang Pulen

Kompas.com - 21/04/2010, 09:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bicara kuliner asal Betawi, sepertinya memang tidak akan pernah habis untuk dibahas karena terkenal dengan kelezatan dan cita rasanya. Apalagi jika kita membicarakan salah satu kuliner andalan Betawi, nasi uduk.

Salah satunya nasi uduk Mpok Pule yang terdapat di pinggir Jalan Bangun Nusa Raya, Cengkareng Timur, Jakarta Barat, yang berada persis di depan sebuah mini market.

Salamah (48) atau biasa disapa dengan panggilan Mpok Pule mulai membuka warungnya pukul 16.30 setiap harinya. Tidak perlu menunggu hingga larut malam untuk menunggu dagangannya habis. Dalam waktu paling lama tiga jam saja, biasanya nasi uduk Mpok Pule sudah ludes diserbu pembeli karena rasanya yang pulen dan enak.

Tempat berdagang Mpok Pule sangat sederhana. Dia tidak menyewa ruko atau memasang tenda, tetapi gerobak dengan dua roda pun sudah cukup menjadi tempat ia berdagang.

"Saya dagang nasi uduk sudah 17 tahun. Dulu sih enggak terlalu ramai. Namanya juga orang dagang, ya wajarlah. Tapi sekarang, alhamdulillah dagangan saya cepet banget abisnya," kata Mpok Pule, dengan logat Betawi-nya yang masih kental.

Wanita kelahiran Jakarta itu mengatakan, dirinya mulai berbelanja ke pasar pukul 06.30 hingga pukul 08.30. Setelah semua bahan yang diperlukan lengkap dibeli, dia kemudian mulai memasak mulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00.

Uci (34), salah seorang pelanggan nasi uduk Mpok Pule, menuturkan, sudah sekitar sembilan tahun menjadi pelanggan setia nasi uduk Mpok Pule. Dia beralasan, selain harganya murah, porsi yang diberikan juga sangat banyak.

"Gimana enggak enak. Sudah harganya murah, porsinya banyak, rasanya juga enak lagi. Istilahnya, dagangan pinggir jalan, rasanya restoran," ujar Uci.

Sebenarnya menu dan lauk yang ditawarkan nasi uduk Mpok Pule tidak banyak. Hanya ada tempe semur dan goreng, tahu semur dan goreng, bakwan, kentang semur, jengkol semur, perkedel, serta ayam balado dan telur balado disertai lalapan. Harganya pun murah, antara Rp 5.000 dan Rp 10.000, tergantung dari pemakaian lauk -pauknya.

Mpok Pule pun tidak hanya menjajakan dagangannya di pinggir jalan. Dia juga mempersilakan para pelanggan setianya memesan nasi uduknya untuk keperluan khusus, seperti untuk acara keluarga ataupun pesta nikah dan sunatan.

"Kalau mau pesan juga bisa. Tinggal telepon aja ke rumah saya," tandas wanita yang mempunyai tiga anak ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com