Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asap Kendaraan Penyebab Utama Polusi

Kompas.com - 26/04/2010, 11:57 WIB

Sejumlah zat pencemar udara terdeteksi di Kota Bandung. Meski secara umum berada di bawah ambang batas, akumulasi zat pencemar di dalam tubuh dalam jangka panjang berpotensi mengganggu kesehatan.

Berdasarkan penelitian, sumber pencemaran utama di Kota Bandung berasal dari kendaraan bermotor. Emisi gas buang kendaraan terutama mengandung karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC), seperti yang terdeteksi di pusat kemacetan antara lain kawasan alun-alun dan terminal. Tak kurang 920.000 kendaraan yang tumbuh 4 persen per tahun memadati lalu lintas di kota itu.

Adapun sumber pencemar lainnya adalah industri dan kegiatan domestik rumah tangga, yang berkontribusi masing-masing 23 persen dan 15 persen terhadap polusi. Kegiatan industri terutama menghasilkan nitrogen dioksida (NO ) dan partikel debu (TSP), seperti yang terdeteksi di Andir, Kiaracondong, Cibeunying Kidul, dan Batununggal.

Selain zat pencemar, gangguan kualitas udara juga disebabkan oleh kebisingan. Polusi suara tercatat tinggi di seluruh titik pemantauan, rata-rata 86 dBA dari ambang batas 60 dBA. Kebisingan tercatat tinggi di kawasan Terminal Cicaheum dan Bunderan Cibiru. (NDW/LITBANG KOMPAS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com