Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Bali Pertanyakan Izin "Shooting"

Kompas.com - 27/04/2010, 18:11 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Gubernur Bali Made Pangku Pastika menyayangkan munculnya film Cowboys in Paradise yang bisa membuat citra negatif pariwisata Bali di dunia internasional. Namun, ia juga menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan langkah-langkah jika apa yang direkam tersebut benar untuk untuk memulihkan citra pariwisata Bali yang selama ini bertumpu pada nilai-nilai luhur seni dan budaya bangsa.

Menurutnya, ada beberapa hal yang menjadi perhatian pihaknya, antara lain, menyangkut proses pembuatan film tersebut beserta substansinya. "Jika film itu tidak ada izin, jelas merupakan pelanggaran. Kami akan telusuri apakah film itu resmi atau tidak," ujar Pastika.

Film yang memanfaatkan lokasi pengambilan gambar di pantai berpasir putih itu merupakan garapan Amit Virmani, sutradara keturunan India yang kini menetap di Singapura. Para gigolo yang tampil dalam film tersebut adalah pria yang rata-rata berkulit hitam mengilap setelah lama berjemur di bawah terik matahari, sebagaimana layaknya beach boy yang kerap terlihat bercengkerama dengan turis di Pantai Kuta.

Cowboys in Paradise menjadi heboh di Bali setelah film yang meraih sejumlah penghargaan dalam Korean International Documentary Festival itu dapat disaksikan lewat jaringan internet. Masyarakat menilai film tersebut telah menodai citra pariwisata Bali yang seolah-olah telah mengedepankan unsur seksual sebagai sebuah daya tariknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com