Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, KTP Keliling Ada di Setiabudi

Kompas.com - 30/04/2010, 16:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah sukses menyelenggarakan pelayanan kartu tanda penduduk (KTP) keliling atau KTP mobile di Kebayoran Lama dan Pesanggrahan, Sudin Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan, Sabtu (1/5/2010), akan menyambangi Kelurahan Karet Kuningan, Setiabudi.

Layanan KTP keliling ditujukan untuk mempermudah warga dalam hal mengurusi perpanjangan KTP, terutama bagi warga yang setiap harinya disibukkan dengan pekerjaan atau aktivitas lainnya sehingga tidak sempat mengurus perpanjangan KTP.

Kasie Pendaftaran Penduduk Sudin Dukcapil Jakarta Selatan Akbal mengatakan, awalnya KTP keliling akan menyambangi setiap kecamatan. Namun, seiring berjalannya waktu, layanan KTP keliling akan dilakukan secara acak tergantung kebutuhan masyarakatnya. "Terkadang sudah kita jadwalkan, tetapi ada kelurahan yang meminta untuk dikunjungi KTP keliling. Meski kita tetap membuat jadwal, semuanya fleksibel tergantung dengan permintaan masyarakat juga," ujar Akbal, Jumat (30/4/2010).

Sejauh ini, kata Akbal, belum ditemukan kendala serius yang menghambat pelayanan KTP keliling. Hanya saja, masih harus ada perbaikan pada mobil KTP keliling yang dirasa kurang besar sehingga kurang leluasa saat melakukan pelayanan KTP. "Namun, kita tetap berusaha memberikan pelayanan yang maksimal," tambahnya.

Hingga saat ini, Sudin Dukcapil Jakarta Selatan sendiri telah menyambangi sekitar 17 kelurahan, di antaranya Kelurahan Pesanggrahan, Petukangan Utara, Petukangan Selatan, Ulujami, Bintaro, Pondok Pinang, Kebayoran Lama Utara, Kebayoran Lama Selatan, Grogol Utara, Grogol Selatan, dan Cipulir.

Berdasarkan data dari Sudin Dukcapil Jakarta Selatan, dalam sehari, layanan KTP keliling mampu melayani rata-rata 55 pemohon di setiap kelurahan yang dikunjungi. "Itu membuktikan pelayanan KTP keliling ini mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat," kata Akbal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com