Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, KTP Keliling Layani Warga Ciracas

Kompas.com - 14/05/2010, 19:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memudahkan warga Jakarta yang terkenal memiliki mobilitas cukup tinggi, Sudin Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Timur, kembali menggelar pelayanan KTP mobile atau KTP keliling. Pelayanan jemput bola ini rencananya akan digelar di RW 03 Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (15/5/5) besok. Selain melayani perpanjangan dan penebitan KTP, Sudin Dukcapil Jakarta Timur juga akan melayani permohonan penebitan akta kelahiran secara gratis.

Kasudin Dukcapil Jaktim, Lukman Taher mengatakan, pelayanan KTP keliling yang dilancarkan pihaknya selalu mendapat sambutan antusias dari warga. Bahkan pihaknya mencatat, sejak KTP Mobile diluncurkan di Jakarta Timur Desember 2009 lalu, sedikitnya telah mengeluarkan 2.213 KTP perpanjangan dan KTP seumur hidup serta 193 akta kelahiran di 18 kelurahan yang ada di Jakarta Timur.

Gencarnya pelayanan KTP keliling yang digelar pihaknya, tak lain juga untuk mendukung Operasi Yustisi Kependudukan (OYK) yang akan dilakukan pihaknya di Jakarta Timur, di mana bagi yang tidak memiliki KTP DKI Jakarta dalam OYK, akan dikenakan sanksi denda oleh pengadilan.

“Sebelumnya warga telah diberikan sosialisasi terkait rencana pelaksanaan OYK di wilayahnya. Karena itu, setiap pelayanan KTP mobile hadir di tengah-tengah penduduk, langsung disambut antusias warga setempat. Dengan adanya KTP mobile, tidak ada alasan lagi bagi mereka berdalih tidak sempat mengurus KTP ke kelurahan,” ujarnya, Jumat (14/5/2010).

Lukman menambahkan, dalam pelayanan KTP keliling, paling banyak dilayani adalah warga di RW 03 Cipayung dengan menebitkan 198 KTP dan 57 akta kelahiran. Itu membuktikan Sudin Dukcapil Jakarta Timur telah membantu meringankan masyarakat untuk memiliki identitas sebagai warga DKI Jakarta.

“Pelayanan KTP mobile akan terus hadir sambangi warga setiap Sabtu. Kami upayakan untuk menggelar di lokasi yang cukup jauh dari kantor kelurahan dan kebanyakan warganya adalah para lansia. Karena prioritas kami tertuju kepada para lansia agar memiliki KTP seumur hidup,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com