Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik Padam di RSUD Kupang, Pasien Tak Terlayani

Kompas.com - 20/05/2010, 11:47 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Listrik mendadak padam di RSUD WZ Yohannes Kupang menyebabkan para pasien di rumah sakit itu panik. Rumah sakit milik Pemprov NTT itu tidak memiliki genset guna mengatasi pemadaman dari PLN secara mendadak.

Nona Irma (30) salah satu dari ratusan pasien rawat jalan di rumah sakit WZ Yohannes Kupang, Kamis (20/5/2010) mengatakan, dirinya sedang melakukan perawatan gigi. Tiba tiba listrik padam sehingga tindakan perawatan gigi dengan alat gigi mendadak dihentikan.

"Saya merasa tidak nyaman karena dokter memutuskan tidak meneruskan perawatan dengan alasan listrik padam. Sangat mustahil, rumah sakit daerah terbesar dan menjadi pusat rujukan dari 22 kabupaten/kota di NTT, tidak memiliki alat genset," kata Irma.

Rumah sakit itu hanya memiliki satu unit genset yang tersimpan di ruang bedah, sementara ruang perawatan lain tidak ada sama sekali. Kondisi ruangan menjadi gelap gulita saat listrik dari PLN mendadak padam.

Setiap tahun pemerintah mengalokasikan dana sampai miliaran rupiah ke rumah sakit itu untuk biaya operasional dan pengadaan fasilitas pendukung, tetapi persoalan demi persoalan terus menumpuk. Pemprov wajib melakukan pembenahan terhadap manajemen dan struktur birokrasi di rumah sakit itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com