44 Perajin Bantul Ikut Pameran PRJ

Kompas.com - 20/05/2010, 18:15 WIB
Editorlou

BANTUL, Kompas.com - Sebanyak 44 perajin dari Kabupaten Bantul akan mengiktui pameran pekan raya Jakarta atau PRJ, tanggal 10 Juni-10 Juli mendatang. Biaya sewa kapling dan angkutan barang ditanggung oleh pemerintah daerah. Kegiatan tersebut diharapkan bisa mendongkrak omset para perajin.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul, Misbakhul Munir, Kamis (20/5/10) mengatakan, pemerintah menyewa 6 kapling di PRJ. Satu kapling harga sewanya berkisar Rp 10 juta-Rp 15 juta, dan bisa dipergunakan untuk dua perajin. Rencananya satu perajin akan mengikuti pameran selama sepekan, sehingga totalnya perajin yang bisa ikut mencapai 44 orang.

Menurutnya, jumlah perajin yang mendaftar ada 60 orang namun semuanya tidak bisa ikut karena kuotanya tidak mencukupi. Dalam satu tahun ini total anggaran pameran di Bantul sebesar Rp 1,3 miliar. Jumlah tersebut harus dibagi-bagi untuk sejumlah pameran, baik skala kecil maupun besar, ujarnya.

Perajin yang ikut pameran PRJ terdiri dari perajin kulit, keramik, bambu, logam, dan produk unggulan Bantul lainnya. Perajin yang tertarik mengikuti pameran gratis bisa mendaftar ke disperindagkop. Syaratnya belum pernah mengikuti pameran gratis yang dibiayai pemerintah.

Misbakhul mengatakan, berdasarkan pengalaman selama ini pameran cukup efektif untuk mendongkrak omset perajin. Dampaknya memang tidak bisa dirasakan seketika, namun beberapa minggu setelah pameran biasanya banyak order yang mereka terima.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.