Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

44 Perajin Bantul Ikut Pameran PRJ

Kompas.com - 20/05/2010, 18:15 WIB

BANTUL, Kompas.com - Sebanyak 44 perajin dari Kabupaten Bantul akan mengiktui pameran pekan raya Jakarta atau PRJ, tanggal 10 Juni-10 Juli mendatang. Biaya sewa kapling dan angkutan barang ditanggung oleh pemerintah daerah. Kegiatan tersebut diharapkan bisa mendongkrak omset para perajin.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul, Misbakhul Munir, Kamis (20/5/10) mengatakan, pemerintah menyewa 6 kapling di PRJ. Satu kapling harga sewanya berkisar Rp 10 juta-Rp 15 juta, dan bisa dipergunakan untuk dua perajin. Rencananya satu perajin akan mengikuti pameran selama sepekan, sehingga totalnya perajin yang bisa ikut mencapai 44 orang.

Menurutnya, jumlah perajin yang mendaftar ada 60 orang namun semuanya tidak bisa ikut karena kuotanya tidak mencukupi. Dalam satu tahun ini total anggaran pameran di Bantul sebesar Rp 1,3 miliar. Jumlah tersebut harus dibagi-bagi untuk sejumlah pameran, baik skala kecil maupun besar, ujarnya.

Perajin yang ikut pameran PRJ terdiri dari perajin kulit, keramik, bambu, logam, dan produk unggulan Bantul lainnya. Perajin yang tertarik mengikuti pameran gratis bisa mendaftar ke disperindagkop. Syaratnya belum pernah mengikuti pameran gratis yang dibiayai pemerintah.

Misbakhul mengatakan, berdasarkan pengalaman selama ini pameran cukup efektif untuk mendongkrak omset perajin. Dampaknya memang tidak bisa dirasakan seketika, namun beberapa minggu setelah pameran biasanya banyak order yang mereka terima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com