Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MRT Akan Dioperasikan November 2016

Kompas.com - 21/05/2010, 14:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana membangun jaringan kereta api bawah tanah, terutama dalam pembangunan 12 stasiun KA bawah tanah, akan berorientasi transit.

Terkait hal tersebut, Heru Nugroho selaku Head of Civil dan Structure Division Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mengatakan, saat ini proses pembangunan MRT baru memasuki tahap basic design dan diharapkan selesai pada 2011.

Selanjutnya akan dilakukan proses lelang kegiatan fisik agar target pembangunan fisik bisa dimulai pada tahun 2012.

“Tahap konstruksi sendiri dijadwalkan berlangsung selama 53 bulan dan diharapkan selesai pada November 2016. Sebelum dioperasikan secara resmi pada November 2016, MRT akan diuji dahulu selama tiga bulan,” ujar Heru Nugroho saat kegiatan Joint Seminar with DKI Jakarta and Japan International Cooperation Agency Improvement of Jakarta, Kamis (20/5/2010) di Ruang Pola, Balai Kota DKI.

Tim ahli Japan International Cooperation Agency (JICA), Sota Utsumo, mengatakan, saat ini rencana pembangunan MRT di Jakarta harus memiliki karakteristik tertentu dan dikelola dengan baik, baik dari sisi jenis kereta yang digunakan, sistem perawatan, maupun teknologi yang diterapkan.

“Harus memerhatikan juga masalah management service. Seperti mesin ticketing, harus jelas sistem dan konsepnya. Jangan hanya meniru dari konsep MRT negara lain karena harus disesuaikan dengan karakteristik masyarakat,” kata Heru Nugroho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com