Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancol Pecahkan Rekor Muri

Kompas.com - 22/05/2010, 11:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pembangunan Jaya Ancol berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) atas pembangunan Ancol Ecopark. Ancol Ecopark merupakan lapangan golf yang dialihfungsikan menjadi hutan kota.

Rencananya Ecopark akan ditanami 1.000 pohon dalam waktu dekat. Atas dasar itulah, Muri memberikan penghargaan kepada Ancol.

"Ini adalah penghutanan lapangan golf pertama di Indonesia dan bahkan di dunia," ucap Ketua Muri, Jaya Suprana, di sela-sela acara permberian penghargaan Rekor Muri, Sabtu (22/5/2010).

Pada acara tersebut hadir pula Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan. Jaya mengatakan, kebijakan manajemen Ancol menutup lapangan golfnya yang kemudian diubah menjadi hutan kota layak didukung.

"Ini (keputusan) kontroversial sekali. Mereka yang hanya mementingkan unsur ekonomi pasti menilainya gila. Tapi yang lebih mementingkan ekologi, kebijakan ini sangat penting," ujar kelirumolog itu.

Lebih lanjut, bos Jamu Jago itu berharap Ancol bisa menjadi teladan dalam pengembangan hutan kota. "Semoga ini bisa menjadi teladan. Saya bukannya memaksa semua lapangan golf menjadi hutan kota, tapi ini suatu bukti bahwa kalau mau berkorban kita bisa melakukannya," terang Jaya.

Selain memecahkan rekor Muri, Ancol juga mendapatkan penghargaan Wana Lestari dari Kementerian Kehutanan. Penghargaan Wana Lestari ini diberikan oleh Kemenhut karena inisiatif manajemen menutup lapangan golf Ancol dan mengubahnya menjadi ruang terbuka hijau.

Pemberian Wana Lestari merupakan apresiasi dan penghargaan yang tinggi bagi stakeholder yang peduli dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com