Ancol Pecahkan Rekor Muri

Kompas.com - 22/05/2010, 11:06 WIB
Editorhertanto

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pembangunan Jaya Ancol berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) atas pembangunan Ancol Ecopark. Ancol Ecopark merupakan lapangan golf yang dialihfungsikan menjadi hutan kota.

Rencananya Ecopark akan ditanami 1.000 pohon dalam waktu dekat. Atas dasar itulah, Muri memberikan penghargaan kepada Ancol.

"Ini adalah penghutanan lapangan golf pertama di Indonesia dan bahkan di dunia," ucap Ketua Muri, Jaya Suprana, di sela-sela acara permberian penghargaan Rekor Muri, Sabtu (22/5/2010).

Pada acara tersebut hadir pula Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan. Jaya mengatakan, kebijakan manajemen Ancol menutup lapangan golfnya yang kemudian diubah menjadi hutan kota layak didukung.

"Ini (keputusan) kontroversial sekali. Mereka yang hanya mementingkan unsur ekonomi pasti menilainya gila. Tapi yang lebih mementingkan ekologi, kebijakan ini sangat penting," ujar kelirumolog itu.

Lebih lanjut, bos Jamu Jago itu berharap Ancol bisa menjadi teladan dalam pengembangan hutan kota. "Semoga ini bisa menjadi teladan. Saya bukannya memaksa semua lapangan golf menjadi hutan kota, tapi ini suatu bukti bahwa kalau mau berkorban kita bisa melakukannya," terang Jaya.

Selain memecahkan rekor Muri, Ancol juga mendapatkan penghargaan Wana Lestari dari Kementerian Kehutanan. Penghargaan Wana Lestari ini diberikan oleh Kemenhut karena inisiatif manajemen menutup lapangan golf Ancol dan mengubahnya menjadi ruang terbuka hijau.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemberian Wana Lestari merupakan apresiasi dan penghargaan yang tinggi bagi stakeholder yang peduli dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.