Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pindapatta Awali Waisak di Ekayana

Kompas.com - 28/05/2010, 08:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Umat Buddha yang merayakan Hari Raya Waisak 2554 menjalani acara Pindapatta sebelum memulai kebaktian di Vihara Ekayana, Jakarta Barat, Jumat (28/5/2010) pagi.

Acara Pindapatta dimulai sejak pukul 08.00. Ribuan Umat Buddha yang hadir sudah mempersiapkan bahan makanan ataupun dana yang akan diberikan untuk vihara. Pindapatta merupakan kesempatan bagi Umat Buddha untuk mempersembahkan dana makanan bagi para biksu dan biksuni yang dengan mangkuknya akan berjalan berkeliling.

"Ini kesempatan untuk berbuat kebaikan. Karena yang kita berikan akan digunakan untuk kegiatan vihara atau kegiatan sosial lainnya," kata salah satu umat, Santi, kepada Kompas.com.

Acara ini dimulai, ketika para Biksu berkeliling dengan membawa sebuah mangkuk kecil didampingi seorang pria yang membawa karung putih. Segala pemberian umat akan disatukan dalam karung tersebut.

Menurut keterangan panitia, segala dana dan sumbangan umat akan dipersembahkan untuk kelangsungan Sangha di Vihara Ekayana. Para umat yang beribadah di vihara ini juga diberikan kalung yang telah diberkati.

Selama peribadatan, seluruh umat diminta memakai kalung tersebut. Setelah rangkaian acara Pindapatta, perayaan Waisak akan dilanjutkan dengan beribadah bersama. Menurut informasi, pejabat dari Kantor Walikota Jakarta Barat akan turut menghadiri perayaan di salah satu vihara terbesar ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com