Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Ribu Umat Buddha Padati TMII

Kompas.com - 28/05/2010, 11:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar dua ribu umat Buddha berkumpul di Vihara Arya Dwipa Arama Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, untuk beribadah memperingati Hari Raya Suci Waisak 2554 , Jumat (28/5/2010). Umat Buddha asal Jakarta dan wilayah di sekitarnya telah berkumpul sejak pukul 8.00.

Ibadah diawali ritual Pradaksina. Ribuan umat Buddha tanpa alas kaki dan membawa setangkai kembang mengitari kompleks Vihara. Sebelum masuk dalam prosesi selanjutnya, beberapa tokoh memberi sambutan kepada umat. Ibadah dihadiri anggota Komisi III DPR Edi Sadeli, para pembimbing masyarakat Buddha DKI Jakarta dan Jawa Barat, dan perwakilan Kementerian Agama.

Ketua Panitia Waisak, Puryono, dalam sambutannya mengatakan, tema Waisak yang dirayakan keluarga Buddihis Abdi DKI Jakarta tahun ini adalah "Kita Tingkatkan Kualitas Diri Melalui Pikiran, Ucapan, dan Perbuatan Berdasarkan Buddha Dharma".

Dia mengingatkan kepada seluruh umat Buddha agar selalu mengedepankan kebersamaan. "Bersama dengan siapa saja, di manapun, kapan pun. Kegiatan apa pun mari kita bersama, tidak usah pandang jabatan, atau apa pun. Bersama kita bisa," ucap dia.

Edi Sadeli dalam sambutan singkatnya berharap agar seluruh umat Buddha selalu diberkatI. "Dibebaskan dari penderitaan, bahaya. Semoga semua mahluk berbahagia," ujarnya.

Pantauan Kompas.com, ribuan umat mulai dari anak-anak hingga orang tua khusuk mengikuti setiap ritual memperingati tiga peristiwa penting umat Buddha. Ketiga peristiwa itu, kelahiran Sidharta Gautama di Taman Lumbini, India, lalu petapa Sidharta hingga mencapai penerangan sempurna di Buddhagaya serta wafatnya Buddha Gotama pada usia 80 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com