Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segarnya Cendol Pantai Indah Ancol

Kompas.com - 28/05/2010, 15:58 WIB

KOMPAS.com - Es cendol tampaknya menjadi pilihan pengunjung Pantai Indah Ancol Jakarta untuk menghilangkan dahaga di tengah cuaca terik, Minggu (28/5/2010). Setidaknya, es cendol menjadi pilihan keluarga Parman, pengunjung yang datang dari Bekasi.

"Ya seger aja, lagian kan murah meriah, kayaknya enak aja minum cendol di pantai," ujar Parman yang ditemui di sela menikmati cendolnya, Minggu.

Menurut Tris (29) yang berjualan cendol di Pantai Indah sejak lima tahun yang lalu, jika cuaca panas, dagangannya lebih cepat habis.

"Tadi saya jualan dari jam 9, jam segini (pukul 15.00) sudah habis, tergantung cuaca mbak, kalau hujan, pernah nggak habis, dibuang akhirnya," tuturnya.

Pendapatan Tris berjualan cendol di Pantai Indah terbilang lumayan. Per harinya, Tris mengaku membawa pulang uang sejumlah Rp 350 ribu sampai Rp 450 ribu baik di hari libur maupun hari biasa.

"Langsung saya kasihin emak uangnya, jadi nggak tahu berapa untung bersihnya," ucap Tris.

Tris sendiri tidak memiliki pekerjaan lain selain menjual cendol buatan ibunya. "Ini emak yang buat, saya nggak tahu buat cendol bagaimana," katanya.

Es cendol yang dijual seharga Rp 4000 per gelas tersebut disajikan dengan tambahan cincau, es batu, mutiara, serta siraman gula merah cair. "Dulu harganya Rp 3000, setahun yang lalu baru naik jadi Rp 4000," kata Tris.

Selain pedagang es cendol, tampak pedagang es lain seperti es salju atau es serut, minuman kemasan, es krim, serta pedagang makanan mulai dari fast food hingga makanan tradisional.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sebagian besar pengunjung Pantai Indah berkumpul di area pasir, menggelar tikar, kemudian duduk menikmati udara pantai. Adapula pengunjung yang bermain bola di pantai, berfoto, dan beristirahat. Sebagian besar anak-anak tampak memenuhi area bermain pasir, dan berenang dengan ban beraneka warna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com