Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Jakarta Mudik

Kompas.com - 29/05/2010, 03:17 WIB

Jakarta, Kompas - Sekitar 35.000 warga Jakarta mudik memanfaatkan libur panjang akhir pekan. Sebagian besar menggunakan jasa kereta api untuk kembali ke kampung halaman mereka di Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan sekitarnya. Puncak mudik terjadi Kamis (27/5) pukul 20.00.

Kepala Humas Daerah Operasi (Daop) I PT Kereta Api (KA) Sugeng; Kepala Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, Yuskal Setiawan; Kepala Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Tavip Saryono; dan Kepala Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Sofian Hasan mengatakan hal itu Jumat.

Suasana di ketiga stasiun kemarin masih ramai meski tak sepadat Kamis malam.

Sugeng menjelaskan, pada hari biasa, setiap hari PT KA mengangkut penumpang komersial lebih dari 10.000 orang, sedangkan penumpang ekonomi lebih dari 15.000 orang.

Untuk melayani tambahan penumpang, PT KA Daop I mengoperasikan KA Argo Lawu Gambir-Solo dengan tambahan 450 kursi, KA Senja Utama Senen- Solo 500 kursi, Cirebon ekspres Gambir-Cirebon 500 kursi, dan KA Sawunggaling Senen-Kutoarjo 500 kursi. ”Kami menambah 1-2 gerbong di masing-masing KA reguler kelas ekonomi,” ujar Sugeng.

Tavip mengatakan, semua tiket KA yang lewat Stasiun Senen menuju Solo-Yogyakarta-Surabaya untuk hari Kamis lalu habis terjual sebelum tanggal pemberangkatan. Begitu juga dengan tiket KA eksekutif.

”Tiket kelas eksekutif untuk keberangkatan Kamis lalu habis semua sebelum hari keberangkatan KA,” ujar Sofian.

Puncak

Kendaraan yang masuk ke jalur Puncak, Bogor, melalui pos lalu lintas Gadog, dari pukul 07.00 sampai pukul 14.00 tercatat lebih dari 40.000 kendaraan. Jumlah itu tidak termasuk motor.

Tidak heran jika Kepala Kepolisian Resor Bogor Ajun Komisaris Besar Tomex Korniawan mengatakan, di Puncak, Bogor, kepadatan arus lalu lintas terjadi dari Jumat pagi sampai siang. ”Hingga pukul 15.00 masih kami berlakukan arus satu arah dari Jakarta ke Puncak,” katanya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Ajun Komisaris Hendra Gunawan mengimbau warga yang tujuan akhirnya Bandung sebaiknya tidak melintas jalur Puncak. ”Kalau dari Jakarta, lewat Cipularang saja, sedangkan dari Bogor kalau mau ke Bandung, lewat jalan alternatif yang langsung muncul di jalur Bogor Sukabumi,” katanya.

Kemarin, sejumlah obyek wisata di Provinsi Banten ramai dikunjungi warga. ”Dua hari ini, semua hotel di sepanjang Pantai Carita penuh, sebagian besar tamu check out-nya Minggu,” kata Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kabupaten Pandeglang Dian Dermawan. (WIN/RTS/CAS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com