Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk... ke Festival Passer Baroe

Kompas.com - 02/06/2010, 19:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Upaya mengembalikan eksistensi Pasar Baru sebagai pusat ekonomi dan tujuan utama wisatawan domestik dan mancanegara terus dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Untuk menyemarakkan kawasan Pasar Baru sekaligus menyambut HUT ke-483 DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta akan menggelar Festival Passer Baroe pada 25-27 Juni mendatang. Dalam gelarannya yang keenam kalinya, sejumlah hiburan dan lomba rakyat dipastikan akan memeriahkan Festival Passer Baroe tersebut.

Saat ini sejumlah usulan hiburan rakyat telah masuk dan sedang dalam tahap penggodokan di antaranya, lomba perahu Kali Ciliwung, panjat pinang, kesenian Betawi, kesenian daerah lain, aneka lomba, pesta diskon, fashion show, serta penampilan artis top ibu kota. Dengan sejumlah kegiatan itu, diharapkan akan menarik pengunjung datang ke pusat perbelanjaan yang memiliki nilai sejarah tinggi dan telah terkenal sejak zaman kolonial dahulu.

Kasie Monitoring Sudin Pariwisata Jakarta Pusat, AA Setiabudi mengatakan, penyelenggaraan Festival Passer Baroe yang akan digelar selama tiga hari untuk menarik sebanyak mungkin warga ibu kota untuk mengunjungi pusat perbelanjaan itu sebagai lokasi wisata belanja.

"Sejauh ini kami sudah menggelar rapat dengan event organizer dari Focus Convesindo sebagai penyelenggara, dan instansi lainnya guna  proses pematangan terkait pertunjukan dan kegiatan apa saja yang akan diikutsertakan," ujarnya di Jakarta, Rabu (2/6/2010).

Sejumlah usulan juga dalam pembahasan, karena pihaknya tidak bisa memutuskan sendiri tentang ikut tidaknya lomba perahu dan panjat pinang, karena tergantung pula dari instansi lain. Tapi, saat ini usulan itu sudah dimasukkan ke dalam jadwal rangkaian acara.

Rencananya, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo didampingi Walikota Jakarta Pusat Sylviana Murni akan membuka festival tersebut tepat pukul 19.30. Namun, masyarakat sejak siang hari akan dihibur oleh marching band, ondel-ondel, marawis, tanjidor, parade Abnon, komunitas sepeda ontel, parade kebudayaan India, wushu, barongsai, dan reog ponorogo. "Artis Dewi Gita juga dijadwalkan mengisi acara," ucapnya.

Pada hari kedua dan ketiga, Festival Passer Baroe akan diisi oleh bazar produk unggulan dari 8 kecamatan di Jakarta Pusat. Selain itu, akan ada juga kegiatan belanja murah lewat Passer Baroe Great Sale, lomba hias toko, aneka lomba berhadiah, fashion on the street, festival band, penampilan artis ibu kota, kesenian Betawi, dan pameran lukisan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com