Rusman: Aneh, Reklamasi Rusak Lingkungan

Kompas.com - 04/06/2010, 21:59 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggapan sebagian pihak bahwa reklamasi Pantai Utara Jakarta akan merusak lingkungan dan menyebabkan banjir adalah salah besar. Reklamasi pantai justru akan menyelamatkan lingkungan dan mencegah datangnya banjir. Sudah banyak contoh yang membuktikan bahwa reklamasi pantai akan menyelamatkan lingkungan dan bukannya merusak. Di antaranya reklamasi pantai yang dilakukan di Singapura telah sukses sehingga membuat negara tersebut mampu menyelamatkan daratan yang dimilikinya itu dari kerusakan dan banjir. Hal yang sama juga telah dilakukan oleh China. Negeri Tirai Bambu ini telah sukses melakukan reklamasi dan menyelamatkan daratannya dari kerusakan.

"Untuk itu, aneh kalau ada yang menganggap reklamasi pantai akan merusak lingkungan. Sekali lagi reklamasi bukanlah hal haram, yang dapat merusak lingkungan dan menyebabkan banjir," kata Rusman Sagala, Kepala Bidang Pelestarian dan Tata Lingkungan, Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah DKI Jakarta, Jumat (4/6/2010).

Rusman menjelaskan, dari berbagai kajian yang ada, reklamasi setidaknya memiliki tiga manfaat. Yakni menyelamatkan biota darat, menjaga garis pantai, dan membantu mengalirkan air sungai ke laut sehingga dapat mencegah terjadinya banjir. "Jadi upaya reklamasi pantai yang saat ini dilakukan di Pantai Utara, Jakarta Utara harus didukung," ucapnya.

Persoalan reklamasi adalah kepentingan untuk semua pihak. Tidak hanya untuk Pemprov DKI saja, akan tetapi juga untuk masyarakat dan lingkungan di sekitar pantai utara. Dengan reklamasi, ada banyak hal yang bisa bermanfaat dan itu akan bagus untuk perkembangan ekosistem. Dengan adanya reklamasi, mengalirnya air sungai yang ada di Jakarta hingga menembus pantai akan berjalan baik. Vegetasi pantai yang terancam rusak karena perkembangan lingkungan dan pembangunan juga akan bisa diselamatkan melalui reklamasi.

Dengan demikian, meski proyek reklamasi Pantura Jakarta mendapat respon yang beragam karena ada putusan MA, namun itu sebenarnya sangat bagus dan bermanfaat besar. Dengan kondisi Pantura Jakarta sekarang, ancaman kerusakan biota laut sangat besar terjadi. "Itu harus diperbaiki dari sekarang jika tidak ingin terus berlanjut buruk," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.