Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusman: Aneh, Reklamasi Rusak Lingkungan

Kompas.com - 04/06/2010, 21:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggapan sebagian pihak bahwa reklamasi Pantai Utara Jakarta akan merusak lingkungan dan menyebabkan banjir adalah salah besar. Reklamasi pantai justru akan menyelamatkan lingkungan dan mencegah datangnya banjir. Sudah banyak contoh yang membuktikan bahwa reklamasi pantai akan menyelamatkan lingkungan dan bukannya merusak. Di antaranya reklamasi pantai yang dilakukan di Singapura telah sukses sehingga membuat negara tersebut mampu menyelamatkan daratan yang dimilikinya itu dari kerusakan dan banjir. Hal yang sama juga telah dilakukan oleh China. Negeri Tirai Bambu ini telah sukses melakukan reklamasi dan menyelamatkan daratannya dari kerusakan.

"Untuk itu, aneh kalau ada yang menganggap reklamasi pantai akan merusak lingkungan. Sekali lagi reklamasi bukanlah hal haram, yang dapat merusak lingkungan dan menyebabkan banjir," kata Rusman Sagala, Kepala Bidang Pelestarian dan Tata Lingkungan, Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah DKI Jakarta, Jumat (4/6/2010).

Rusman menjelaskan, dari berbagai kajian yang ada, reklamasi setidaknya memiliki tiga manfaat. Yakni menyelamatkan biota darat, menjaga garis pantai, dan membantu mengalirkan air sungai ke laut sehingga dapat mencegah terjadinya banjir. "Jadi upaya reklamasi pantai yang saat ini dilakukan di Pantai Utara, Jakarta Utara harus didukung," ucapnya.

Persoalan reklamasi adalah kepentingan untuk semua pihak. Tidak hanya untuk Pemprov DKI saja, akan tetapi juga untuk masyarakat dan lingkungan di sekitar pantai utara. Dengan reklamasi, ada banyak hal yang bisa bermanfaat dan itu akan bagus untuk perkembangan ekosistem. Dengan adanya reklamasi, mengalirnya air sungai yang ada di Jakarta hingga menembus pantai akan berjalan baik. Vegetasi pantai yang terancam rusak karena perkembangan lingkungan dan pembangunan juga akan bisa diselamatkan melalui reklamasi.

Dengan demikian, meski proyek reklamasi Pantura Jakarta mendapat respon yang beragam karena ada putusan MA, namun itu sebenarnya sangat bagus dan bermanfaat besar. Dengan kondisi Pantura Jakarta sekarang, ancaman kerusakan biota laut sangat besar terjadi. "Itu harus diperbaiki dari sekarang jika tidak ingin terus berlanjut buruk," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com