Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catatan DPRD untuk Kota Jakarta

Kompas.com - 22/06/2010, 11:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — DPRD DKI Jakarta menggelar Rapat Paripurna Istimewa untuk memperingati HUT ke-483 Kota Jakarta yang jatuh tepat pada hari Selasa (22/6/2010). Rapat ini selalu digelar setiap tahun seusai apel peringatan HUT yang pagi tadi berlangsung di Lapangan Silang Monas, Jakarta.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo turut hadir dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan. Dalam pidatonya, Ferrial menyampaikan sejumlah catatan yang menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Catatan itu terutama merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). "Beberapa rencana masih butuh ditindaklanjuti," kata Ferrial.

Beberapa catatan itu di antaranya, pertama, penerapan kaidah good governance. Di sini, pembinaan personel, pengawasan, dan pelayanan publik dinilai perlu ditingkatkan.

Kedua, reformasi birokrasi. "Perampingan personel diharapkan bisa meningkatkan layanan. Pemerintah harus memberikan perhatian lebih pada SKPD-SKPD (satuan kerja perangkat daerah) yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Kita perlu tupoksi (tugas pokok dan fungsi) jelas untuk memudahkan pelaksanaan tugas," ujarnya.

Ketiga, terkait pengendalian banjir, ia menekankan bahwa Kanal Banjir Timur bukan satu-satunya solusi. Namun, hal itu cukup meminimalkan dampak dan luapan banjir. Perbaikan dan peningkatan upaya penanganan harus ditingkatkan. Di antaranya dengan melakukan pompanisasi dan pembuatan waduk. Pemerintah juga perlu meningkatkan keharmonisan dengan para pemaku kepentingan dalam menanggulangi banjir.

Keempat, konsep pola transportasi makro. "Perlu perhatian khusus, mengingat kemacetan Jakarta. Pemanfaatan koridor transjakarta harus secara maksimal sehingga transjakarta menjadi transportasi masif bisa terwujud," kata Ferrial.

Kelima, peningkatan sekolah berstandar nasional. Keenam, pelayanan kesehatan. Selanjutnya, pengadaan ruang terbuka hijau dan antisipasi perubahan iklim dan peningkatan kesadaran peduli lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com