Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Tak Mungkin Bebas Banjir

Kompas.com - 22/06/2010, 12:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Persoalan banjir masih "menghantui" Kota Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, perlu dipahami bahwa kota yang menjadi sentral pemerintahan negara ini tak mungkin terbebas dari banjir. Mengapa?

"Perlu dipahami bahwa Jakarta tidak mungkin dibebaskan sepenuhnya dari banjir. Kondisi alami Kota Jakarta sekitar 40 persen wilayahnya berada di bawah permukaan air laut pasang. Jakarta juga dilintasi 13 sungai besar yang semuanya bermuara di Teluk Utara Jakarta," kata Fauzi Bowo, yang kerap disapa Foke, dalam pidatonya pada Rapat Paripurna Istimewa HUT 483 Tahun Kota Jakarta, Selasa (22/6/2010) di Gedung DPRD DKI Jakarta.

Ia menyebutkan, pemerintah melakukan pola penekanan dampak banjir melalui dua aspek, yaitu mengurangi luapan dan genangan banjir. Akan tetapi, upaya ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan. "Karena luapan dan genangannya sudah menyebar di seluruh wilayah Jakarta. Perlu proyek besar untuk menanggulanginya," kata dia.

Salah satu cara terhadap masalah tersebut adalah menyelesaikan proyek Kanal Banjir Timur yang termasuk mega-proyek karena telah menelan biaya hingga Rp 5 triliun. Foke juga berharap, partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan menjadi salah satu upaya mengurangi dampak banjir.

Di bagian lain pidatonya, ia juga menekankan bahwa pembangunan yang dilakukan tak hanya pembangunan fisik semata. Pembangunan sosial juga menjadi prioritas untuk meningkatkan mutu hidup warga Jakarta.

"Di tengah krisis yang melanda dunia tahun 2008, pertumbuhan ekonomi Jakarta masih mampu tumbuh 5,01 persen di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional 4,5 persen," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com