Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Tabung Elpiji 3 Kg yang Aman

Kompas.com - 25/06/2010, 18:02 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina memastikan bahwa tabung elpiji 3 kilogram yang dipakai untuk subsidi konversi bahan bakar minyak ke gas telah memenuhi syarat mutu. Tapi, apakah semua tabung yang dijual di pengecer pasti sesuai standar.

Pengecer resmi tentu hanya memperoleh tabung yang sesuai standar dari distributor yang mengambil dari depot-depot Pertamina. Tapi, dalam perjalanan distribusi tabung, tidak semua bisa menjamin kondisi tabung tetap aman sesuai standar mutu. Apalagi jika ada yang nakal mencoba menjual tabugn gas palsu yang tentu berbahaya.

Tidak salah kalau konsumen mengecak tabung elpiji yang akan dipakai. Bagaimana ciri-ciri tabung elpiji 3 kg yang pengadaannya melalui pabrikan yang ditunjuk oleh Pertamina. Berikut tipsnya:

1. Penampilan visual secara umum (harus tampak mulus dan tidak mengalami kerusakan/penyok) 2. Pemasangan valve, sisa ulir valve yang tampak adalah 3-5 ulir. 3. Rigi-rigi (bentuk permukaan) hasil las baik (harus halus dan mulus). 4. Mutu pengelasan baik (tidak terdapat cacat: undercut, pin hole atau retak) 5. Mutu petandaan/penandaan tabung baik:     a. Penandaan pada sisi hand guard dengan stamping        - diproduksi untuk Pertamina        - kode produksi pabrikan dan nomor seri        - water capacity        - tara weight        - test pressure        - bulan dan tahun pembuatan        - penandaan SNI pada produk (stamping)

   b. Sablon dan emboss pada badan tabung        - Lingkaran merah di sekitar neck ring dengan lebar pengecetan 20 + 1mm        - Emboss logo Pertamina        - Lambang LPG Pertamina        - Sablon pada sisi hand guard        - Sablon bulan dan tahun uji selanjutnya

6. Lakukan pemeriksaan tabung elpiji 3 kg sebelum digunakan:    a. Pastikan segel/security seal cap dalam keadaan baik.    b. Pastikan tersedia inner seal pada valve    c. Pastikan tidak ada kebocoran pada body tabung (contoh: pada bagian las)    d. Pastikan tidak ada kebocoran pada sambungan tabung dan valve.    e. Pastikan tidak ada kebocoran pada sambungan tabung dan regulator.    f. Pastikan bahwa rubber seal dalam keadaan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.