Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KA Bantah Kondisi Rel Buruk

Kompas.com - 30/06/2010, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Humas PT Kereta Api (Persero) Sugeng Priyono membantah jika kondisi rel jalur antara Nganjuk - Madiun yang menjadi lokasi anjloknya KA Logawa sudah rusak dan buruk.

Menurut Sugeng, dari pemeriksaan terakhir sebelum terjadinya insiden tersebut, kondisi rel masih bagus. "Relnya masih bagus. Baru beberapa waktu lalu diganti kok, bantalannya saja sudah beton," kata Sugeng, saat ditemui di sela-sela acara seminar Pelayanan Angkutan Kereta Api Kelas Ekonomi, di Gedung LIPI, Jakarta, Rabu (30/6/2010).

Meski demikian, Sugeng mengakui, memang bisa saja ada kemungkinan komponen persambungan rel yang dicuri sehingga insiden anjloknya KA Logawa tidak terhindarkan. Hal ini menyusul informasi adanya baut-baut rel di jalur terjadinya insiden yang hilang.

Menanggapi hal tersebut, Sugeng mengatakan, PT KA masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. Hingga saat ini, katanya, belum ada informasi resmi dari pihak PT KA ataupun Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengenai penyebab utama anjloknya tiga gerbong KA Logawa. "Dugaan apakah keretanya melebihi kecepatan atau relnya dirusak, itu masih kita tunggu hasil penyelidikan. Sampai saat ini masih dilakukan," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com