Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, KTP Keliling di Utan Kayu Selatan

Kompas.com - 02/07/2010, 17:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk memudahkan warga Jakarta yang terkenal memiliki mobilitas cukup tinggi, Sudin Kependudukan dan Catatan Sipil  Jakarta Timur atau Dukcapil Jakarta Timur kembali menggelar pelayanan KTP keliling. Pelayanan jemput bola ini rencananya akan diselenggarakan di Lapangan Brondek, RW 10, Utan Kayu Selatan, Matraman, Sabtu (3/7/2010). KTP keliling tersebut akan melayani warga mulai pagi hingga siang hari. Selain melayani perpanjangan KTP, warga juga bisa memperoleh pelayanan akta kelahiran.

Lurah Utan Kayu Selatan, Matraman, Sri Ratnawati, menuturkan, Kelurahan Utan Kayu Selatan dihuni 5.000 kepala keluarga (KK) yang tersebar di 173 RT dan 14 RW. Untuk itu, pihaknya sangat menyambut baik pelayanan KTP keliling oleh Sudin Dukcapil Jakarta Timur. "Untuk mengantisipasi animo masyarakat yang datang, kami pilih tempatnya di lapangan. Dengan begitu, warga dan petugas nantinya bisa lebih leluasa," ujar Sri Ratnawati, Jumat (2/7/2010).

Data Sudin Dukcapil Jakarta Timur menyebutkan, jumlah warga yang telah dilayani pelayanan KTP keliling sebanyak 2.184 orang yang berasal dari 26 kelurahan. Sampai saat ini, Kelurahan Utan Kayu Utara, Matraman, merupakan kelurahan yang penduduknya paling banyak dilayani pelayanan KTP keliling mencapai 214 orang. Untuk penerbitan akta kelahiran, hingga saat ini Sudin Dukcapil Jakarta Timur telah menerbitkan sebanyak 675 akta kelahiran dari 26 kelurahan di Jakarta Timur.

Kasubag Tata Usaha Sudin Dukcapil Jakarta Timur Damanik mengatakan, selain melayani perpanjangan KTP, pihaknya juga menggelar pelayanan pada hari Minggu yang dikhususkan untuk pelayanan kartu keluarga di masing-masing kantor kelurahan yang ada di Jakarta Timur. "Selain menggelar pelayanan untuk KTP setiap hari Sabtu, kami juga menggelar pelayanan permohonan kartu keluarga setiap hari Minggu di 65 kelurahan di Jaktim. Pelayanan kartu keluarga pada hari Minggu telah dijalankan sejak Mei lalu," ungkapnya.

Dengan gencarnya pelayanan kependudukan dan catatan sipil, Damanik berharap, hal ini dapat mengurangi jumlah penduduk liar di wilayah DKI Jakarta, khususnya Jakarta Timur. Selain itu, langkah gencar ini juga dapat meningkatkan disiplin warga untuk mengurus perpanjangan KTP. “Kami berharap tidak ada lagi warga yang memiliki KTP kedaluwarsa serta belum memiliki kartu keluarga atau akta kelahiran,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com