Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diluncurkan, KA Baru Sembrani

Kompas.com - 03/07/2010, 11:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Guna memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa kereta api, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) meluncurkan rangkaian kereta baru KA Sembrani. Rangkaian ini merupakan hasil perbaikan di Balai Yasa Manggarai.

Sebelumnya, KA Sembrani pernah mengalami kerusakan pada akhir tahun lalu. Di gerbong nomor delapan terjadi korsleting dan terbakar di Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur.

Perjalanan perdana dilakukan di Stasiun Jakarta Kota, dengan tujuan Stasiun Pasar Turi, Surabaya, pada pukul 19.45, Jumat (2/7/2010). Rangkaian KA baru ini terdiri dari 9 kereta kelas eksekutif dan satu kereta makan.

Perubahan yang tampak pada KA Sembrani ini adalah pada tampilan interior dan eksterior, antara lain perpaduan warna bodi kereta yang khas dengan warna biru tua dan muda serta tempat duduk yang nyaman dengan warna yang sama.

Selain itu, sandaran kaki dibuat senyaman mungkin dengan posisi di bawah betis sehingga tidak mengganggu kenyamanan penumpang yang berada di hadapannya.

Untuk menghibur para penumpangnya, PT KAI memasang layar TV 32 inci sehingga semua penumpang bisa menikmatinya.

Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Mateta Rijalulhaq dalam rilisnya mengatakan, perubahan tersebut merupakan sebuah komitmen PT KAI untuk memberikan rasa nyaman dan bangga kepada penumpang selama perjalanan.

"Saya berharap penumpang merasa nyaman dan bangga selama dalam perjalanan karena mendapatkan nuansa baru. Kami juga berharap dengan rangkaian KA baru ini dapat memberikan kepuasan kepada penumpang. Namun kami juga meminta kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kereta Api agar tetap dalam kondisi baik," ujar Mateta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com