Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakbar Siapkan Pembuatan KTP di Sekolah

Kompas.com - 14/07/2010, 11:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Barat berencana melakukan kerjasama pelayanan pembuatan KTP keliling di sekolah-sekolah.

Kepala Suku Dinas Kependudukan Jakarta Barat Ahmad Fauzi, di Jakarta, Rabu (14/7/2010), mengatakan, kerjasama itu untuk menggerakkan kesadaran pelajar yang telah wajib memiliki KTP dengan menyambangi sejumlah SMA di wilayah itu.

"Pembuatan KTP pelayanan perdana akan dilakukan di SMA 112, SMA 85, SMA 13, dan SMA 78 Jakarta Barat yang telah ditunjuk sebelumnya," kata Ahmad Fauzi.

Menurut dia, para siswa SMA atau SMK yang telah berusia 17 tahun wajib memiliki KTP.

"Jadi, pelayanan KTP Keliling yang kami laksanakan untuk mengakomodir hal itu dengan melakukan pelayanan di sekolah-sekolah," ujarnya.

Dengan begitu, kata Fauzi, para siswa yang telah memasuki usia wajib KTP tidak harus bolos sekolah atau meninggalkan bangku sekolah hanya untuk mengurus KTP. Untuk mematangkan rencana tersebut, saat ini dua suku dinas tersebut tengah berkoordinasi.

Namun, kata dia, bukan berarti pelayanan yang akan digelar tidak memiliki kendala sama sekali, misalnya, alamat siswa yang berbeda kelurahan dengan sekolahnya.

"Padahal, sesuai ketentuan yang berlaku, KTP yang akan diterbitkan harus ditandatangani oleh lurah setempat," katanya.

Kepala Suku dinas Pendidikan Menengah Jakarta Barat Abdul Hamid mengatakan, jika pada waktu pelaksanaannya sudah benar-benar ditentukan, pihaknya akan meminta setiap kepala sekolah untuk melakukan pendataan dan verifikasi.

"Jika segala sesuatunya sudah siap, pelaksanaannya segera dimulai," katanya.

Dia mengatakan, kegiatan itu merupakan pembelajaran kepada anak didik mengenai tertib administrasi.

Bila sejak dini para siswa telah memiliki KTP, kata Hamid, maka siswa tersebut berarti mengetahui aturan dan kewajibannya sebagai warga negara.

"Intinya, kami akan membuka tangan selebar mungkin untuk mewujudkan pelayanan KTP Keliling di sekolah," kata Hamid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com