Festival Layang-layang Internasional Resmi Dibuka

Kompas.com - 24/07/2010, 16:49 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Layang-layang Internasional Jakarta XVI dalam rangka HUT Kota Jakarta ke-483 resmi dibuka di kawasan Pantai Karnaval, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (24/7/2010).

Acara yang dihelat Legong Kite Society, Pemda DKI Jakarta, dan Taman Impian Jaya Ancol ini akan berlangsung hingga Minggu (25/7/2010) besok. Selain diikuti sekitar 150 pelayang dari 16 provinsi di Tanah Air, peserta festival juga berasal dari 9 negara yaitu Jerman, Perancis, Belanda, Brazil, Korea, Jepang, Australia, Singapura dan Malaysia.

Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang kebudayaan dan pariwisata, Aurora Tambunan, mengatakan, festival ini diharapkan bisa menarik minat kunjungan ke Jakarta.

"Masyarakat yang datang ke sini akan banyak menikmati festival ini. Harapannya orang datang ke jakarta untuk mengikuti fetival layang-layang ini dan bisa menjadi komoditas ekonomi. Apalagi, pesertanya juga dari berbagai negara," kata Aurora seusai pembukaan.

Ketua Panitia, Sari Madjid mengatakan, layangan Indonesia sudah terkenal hingga ke mancanegara. Pertemuan antara pelayang Tanah Air dan pelayang berbagai negara juga ditujukan untuk memperluas komunitas pelayang Indonesia di dunia internasional.

Penilaian bagi para peserta sendiri, dijelaskannya, terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok dua dimensi dan tiga dimensi. Poin-poin penilaian adalah saat membuat layangan dan ketika layangan berada di udara. Berbagai bentuk layangan bisa dijumpai di festival ini, diantaranya layangan kreasi seperti layangan berbentuk becak dan penariknya, ikan, ular, buaya dan harimau.

Ada pula layangan sport dengan dua tali kendali atau stunt kite dan layangan dengan empat tali kendali (revolution), serta pertunjukan bersepeda sambil berlayang (kite buggy). Festival layang-layang yang pada tahun ini mengambil tema "Hijau Jakartaku" ini, juga menerbangkan sejumlah layangan yang berisi pesan lingkungan dari para selebritis seperti Nugie, Maudy Koesnaedy, Inggrid Widjanarko dan Shahnaz Haque.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Budi Karya Sumadi, mengatakan, selain menyuarakan pesan menjaga lingkungan, festival ini juga diharapkan bisa meningkatkan kreatifitas dan keberanian dalam mengeskplorasi seni dan menjadi ajang persahabatan antarbangsa.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.