Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancol Targetkan Ecopark Beroperasi Desember 2010

Kompas.com - 29/07/2010, 16:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum Ancol akan mengembangkan sebuah mega proyek berbasis lingkungan yang dinamakan Ancol Ecopark. Rupanya, pembangunan kini sudah dimulai di lahan seluas 33 hektar tersebut dan akan mulai beroperasi pada Desember 2010.

"Kami targetkan pada Desember 2010 sudah jadi tahap pertama seperti lounge musik, kanal, jogging track, bicycle track, tempat pameran, dan learning farm," ungkap Direktur Utama PT. Pembangunan Jaya Ancol, Budi Karya Sumadi, di Kemayoran, Jakarta.

Ia mengaku kini pembangunan mulai dilakukan dan yang sudah jadi yakni boat tematik. Sebelum seluruhnya selesai, Ancol berencana melakukan soft opening pada wahana-wahana yang telah selesai pembuatannya.

Dalam mega proyek senilai 500 miliar ini, Ancol serius mengembangkan wahana ramah lingkungan yang nyaman bagi keluarga. Ancol Ecopark akan diisi dengan berbagai fasilitas seperti music lounge, deer island, learning farm, tempat berkuda, butterfly house, sky pavilion, discovery center, eco lab, bird park, forest camping, insect museum, dan Pocket Lawn.

"Ecopark jadi kawasan yang sangat concern dalam peningkatan kualitas lingkungan. Kita akan meningkatkan jumlah pohon yang tadinya 80 pohon per hektar menjadi 200 pohon per hektar," ungkap Direktur Rekreasi Ancol, Winarto.

Pembangunan keseluruhan yang direncanakan memakan waktu tiga tahun ini dilakukan pada lahan bekas lapangan golf seluas 33 hektar. Dalam mengembangkannya, Ancol mengajak perusahaan-perusahaan lain untuk turut serta. Salah satunya adalah Toyota yang memberikan pohon-pohon langka dan mendirikan Toyota Eco Island.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com