Pemenang JAA Pameran di New York

Kompas.com - 31/07/2010, 07:30 WIB
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak delapan orang pemenang kompetisi seni lukis internasional Jakarta Art Award (JAA) 2010 akan melakukan pameran di Wendt Galery, New York, Amerika Serikat. Hal ini merupakan suatu terobosan baru yang dilakukan Ancol Taman Impian dalam mengembangkan kesenian di Indonesia.

"Pemenang Jakarta Art Award akan dikirim ke New York dan dibuat pameran tunggal di sana. Ini juga atas dorongan Gubernur (DKI, Fauzi Bowo)" kata Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Budi Karya Sumadi, Jumat (30/7/2010) malam di Jakarta.

Ia mengungkapkan, terselenggaranya JAA 2010 yang berskala internasional ini juga untuk memperingati hari ulang tahun ke-483 Jakarta yang bisa menjadi momentum meningkatkan eksistensi dan kredibilitas kota ini sebagai barometer seni dan budaya.

"Sesuai dengan tema yang diusung, yaitu 'Reflection of Megacities', para pelukis dapat mengekspresikan denyut Kota Jakarta sebagaimana perupa dunia melukiskan kota Madrid, Roma, Paris," ungkapnya.

JAA 2010 merupakan sebuah kompetisi seni lukis tingkat internasional yang diadakan dua tahun sekali sejak tahun 2006. Di tahun ini, panitia menerima 2.500 karya yang masuk, baik dari pelukis nasional maupun internasional. Hasil karya terbaik JAA 2010 diraih oleh Putu Wirantawan asal Bali dengan judul karya The Wandering Soul III.

Pemenang berhak atas trofi dan uang tunai sebesar Rp 75 juta. Tahun ini, total hadiah yang dibagikan panitia adalah Rp 300 juta. Sebanyak 83 karya finalis juga akan dipamerkan pada 30 Juni-30 Juli 2010 di Galeri North Art Space (NAS), Pasar Seni Ancol.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X