Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo, Ramaikan Festival Rakyat Kalimalang

Kompas.com - 07/08/2010, 10:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Peringatan Hari Kemerdekaan memang masih 10 hari lagi. Namun, kemeriahannya sudah terasa sejak Sabtu (7/8/2010), khususnya di kawasan Kalimalang, Jakarta Timur.

Mulai siang ini hingga Minggu (8/8/2010) malam besok, akan digelar Festival Rakyat Kalimalang yang dimotori oleh Akademi Pariwisata Indonesia (Akpindo).

Setiap tahun, kawasan Kalimalang memang identik dengan berbagai perlombaan dan perayaan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan. Akan tetapi, karena peringatan Hari Kemerdekaan bersamaan dengan ibadah puasa, perayaannya dilakukan lebih awal. Bedanya, tahun ini tak diadakan di setiap RT atau RW yang digagas warga.

Humas Akpindo Mufti Nugroho mengatakan, festival ini merupakan kali pertama diadakan. Berbagai acara digelar, mulai dari bazar, panggung hiburan, serta berbagai perlombaan. Bahkan pada Minggu pagi besok, akan dilakukan pemecahan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) untuk "cake tape terpanjang".

Sekitar 30 mahasiswa Akpindo yang dimentori oleh 20 chef profesional mempersiapkan cake tape yang panjangnya mencapai 210 meter. Penasaran? Anda bisa menyaksikan penyusunan cake tersebut sejak pukul 07.00 dan akan dilakukan pengukuran oleh Muri pada pukul 12.00 siang.

Pantauan KOMPAS.com, arena festival, yang dibuka mulai dari pertigaan Universitas Borobudur hingga ke Pangkalan Jati, sudah diisi dengan berbagai stan, di antaranya stan makanan, kendaraan bermotor, serta berbagai jenis pakaian.

Ada lebih dari 100 stan yang akan meramaikan festival ini. Pembukaan festival ini sendiri akan dilakukan pada pukul 13.00 oleh Wali Kota Jakarta Timur H Murdhani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com