Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.500 Loyang "Cake" Tape Pecahkan Rekor

Kompas.com - 07/08/2010, 11:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Festival Rakyat Kalimalang yang akan digelar selama dua hari, Sabtu hingga Minggu (8/8/2010), akan dimeriahkan dengan pemecahan rekor MURI "Cake Tape" terpanjang.

Sebanyak 30 mahasiswa Akademi Pariwisata Indonesia (Akpindo) siap memajang 1.500 loyang cake tape berukuran 24 x 40 cm dengan total panjang mencapai 210 meter pada pukul 07.00 pagi besok.

Paryoto, Direktur Akpindo, mengatakan, mahasiswanya yang menggawangi pembuatan cake tape tersebut dengan dimentori oleh 20 chef profesional yang tergabung dalam Indonesian Chef Association (ICA). Hingga pagi ini, 1.200 loyang sudah diselesaikan dari 1.500 loyang yang ditargetkan.

"Pembuatannya sudah dimulai selama tiga hari dan ditargetkan malam nanti selesai 1.500 loyang. Besok pagi mulai pukul 07.00 akan dipajang dan dihias," kata Paryoto kepada Kompas.com di Kampus Akpindo, Kalimalang, Jakarta Timur, Sabtu (7/8/2010).

Cake sepanjang 210 meter ini akan memecahkan rekor MURI yang terakhir mencatatkan cake terpanjang dengan ukuran 177 meter. "Tapi rekor sebelumnya bukan cake tape," ungkap Paryoto.

Untuk membuat 1.500 loyang cake tape itu, setidaknya mereka menghabiskan 400 kilogram tepung terigu dan 400 kilogram tape singkong yang didatangkan dari Bogor, Jawa Barat.

Paryoto menambahkan, keinginan memcahkan rekor MURI ini merupakan inisiatif mahasiswa yang tengah menjalani mata kuliah entrepreneurship atau kewirausahaan. Hasil akhir dari kreativitas mahasiswa ini akan menjadi penilaian akhir.

Mengapa memilih cake tape? "Karena singkong itu kan makanan asli Indonesia. Kami ingin menggugah mahasiswa untuk mengkreasi makanan khas Indonesia yang sarat gizi menjadi makanan yang layak diminati," ujarnya.

Cake tape yang akan dipajang pun bukan cake tape biasanya. Paryoto menambahkan, cake yang akan dipajang terdiri dari dua lapis yang akan ditengahi oleh butter dan ditutupi oleh krem.

"Kami akan bikin makanan cake tape ini menarik, enak, dan sarat gizi," kata Paryoto.

Nah, kalau Anda penasaran seperti apa cake tape terpanjang ini, datang saja ke Festival Rakyat Kalimalang, yang telah dimulai hari ini. Datanglah ke lokasi festival sejak pagi, tepatnya di kawasan Jalan Raya Kalimalang hingga Pangkalan Jati. Seusai pengukuran dan penilaian oleh MURI, cake ini boleh dimakan oleh semua pengunjung festival secara gratis, lho!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com