Gambir Tak Jual Tiket di Hari Keberangkatan

Kompas.com - 13/08/2010, 18:50 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Demi menghindari penumpukan penumpang saat mudik Lebaran, Stasiun Gambir tidak akan menjual tiket langsung pada hari keberangkatan calon pemudik. Calon pemudik diharapkan membeli tiket jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan tiba karena ketetapan ini akan mulai diberlakukan untuk angkutan Lebaran tahun ini.

“Agar penumpang tidak menumpuk, PT KAI menetapkan untuk tidak menjual tiket langsung pada hari keberangkatan calon pemudik,” terang Mateta Rijalulhaq, humas PT KA Daop I Jakarta, saat ditemui Kompas.com di Stasiun Jakarta Kota, Jumat (13/8/2010).

Menurut Mateta, banyak calon pemudik yang yakin akan mendapatkan tiket dengan membeli pada hari keberangkatan. Berdasarkan pengalaman dari tahun ke tahun, calon pemudik yang tidak mendapatkan tiket akan menumpuk di stasiun. Menghadapi hal ini, PT KAI tidak mau dianggap menelantarkan calon penumpang.

Mateta berharap, ketetapan ini dapat mengikis sikap instan calon pemudik. “Ketetapan ini bertujuan agar calon pemudik belajar tertib dan penuh persiapan bila hendak mudik. Calon pemudik lebih baik jangan suka mendadak,” lanjutnya.

Sampai saat ini, tiket untuk kereta eksekutif keberangkatan tanggal 4-9 September sudah habis. Adapun kereta tambahan akan ditambah sebanyak satu sampai 2 kereta dari masing-masing perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

PT KAI juga telah mempersiapkan pengamanan secara internal dan eksternal dalam melayani calon pemudik. Apabila ada penumpang yang kedapatan menumpang secara ilegal, maka ia akan mendapatkan sanksi denda, diturunkan di stasiun selanjutnya, dan bisa juga ditindak oleh polisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.