Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak-anak Boleh Masuk Gerbong Wanita

Kompas.com - 19/08/2010, 10:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia Commnuter Jakarta (KCJ), Kamis (19/8/2010) pagi meluncurkan dua gerbong kereta rel listrik (KRL) khusus wanita. Namun tidak hanya kaum hawa yang boleh naik di gerbong kereta ini. Anak-anak di bawah 10 tahun pun boleh menumpang di dalamnya.

Dalam aturan yang dikeluarkan PT KAI Commuter Jakarta, yang diperbolehkan masuk dalam gerbong khusus ini hanyalah kaum perempuan. Boleh sendirian, boleh juga rombongan wanita. Anak-anak, entah laki-laki atau perempuan, juga diizinkan ikut asalkan didampingi wanita lain, boleh ibu, kakak, atau kerabat lain.

Selain mereka, siapa pun tidak diperbolehkan menginjakkan kaki ke dalam gerbong. Seorang petugas keamanan, juga wanita, akan mengarahkan penumpang non-wanita ke gerbong lain yang diperuntukkan bagi penumpang umum.

Bagaimana jika suami istri? Sama saja, sang bapak harus ke gerbong umum, si ibu boleh ke gerbong khusus wanita. Kalau mau bareng, dua-duanya bisa masuk gerbong umum. 

Adapun kereta khusus ini melayani rute Jakarta-Bogor dan sebaliknya. Acara peluncuran di Stasiun Depok, Jawa Barat, pagi ini dilakukan langsung oleh Menteri Perhubungan, Freddy Numberi, dan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar.

Untuk saat ini, PT KCJ baru menyediakan dua gerbong khusus penumpang wanita, yakni gerbong KRL Ekonomi AC dan KRL Ekspres. Dua gerbong KRL Seri 7000 tersebut dirangkai mengapit gerbong penumpang umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com